logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sasaran PKH Capai 9883

Sasaran PKH Capai 9883

KM Wadupa’a: Setelah sukses dilaksanakan pada 17 Kecamatan, tahun 2014 Program Keluarga Harapan (PKH) dipastikan akan dilaksanakan di Kecamatan Sanggar Kabupaten

Sosial & Keagamaan

KM. Wadupa-a
Oleh KM. Wadupa-a
20 Februari, 2014 23:45:45
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 3607 Kali

KM Wadupa’a: Setelah sukses dilaksanakan pada 17 Kecamatan, tahun 2014 Program Keluarga Harapan (PKH) dipastikan akan dilaksanakan di Kecamatan Sanggar, Kabupaten Bima. Di kecamatan itu jumlah sasaran yang akan diakomodir dalam program tersebut sebanyak 279 orang.

Kepala Seksi Bantuan Sosial Bidang BJS Dinas Sosial Kabupaten Bima, Muhammad Saleh menyebutkan, tahun 2013 lalu total jumlah sasaran PKH 17 kecamatan sebanyak 9604 sasaran. Kemudian tahun ini bertambah menjadi 279 sasaran di Kecamatan Sanggar, sehingga total di Kabupaten Bima mencapai 9.883. Meskipun ada penambahan jumlah sasaran baru. Namun beberapa tahun terakhir jumlah bantuan PKH di Kabupaten Bima berkurang karena beberapa orang tidak memenuhi standar. “Cenderung berkurang karena tidak memenuhi syarat, misalnya syarat minimal kehadiran di sekolah. Karena sasaran PKH adalah pendidikan dan kesehatan,” ujarnya di Dinas Sosial, kemarin.

Menurutnya, program PKH di Kabupaten Bima cukup berhasil meskipun selama ini belum ada grafik atau data yang dimiliki dinas setempat sebagai alat pembanding terhadap Indeks Pembangunan Manusia (IPM) maupun indikator lain untuk mengukur tingkat kesejahteraan manusia. Secara langsung program itu berpengaruh terhadap akses pendidikan masyarakat.

Saleh mengatakan, beberapa tahun terakhir Kabupaten Bima menerima sedikitnya dua penghargaan terkait pelaksanaan program tersebut. Hal itu juga berkat dukungan Pemerintah Daerah yang mengalokasikan dana dukungan (sharing) sebesar Rp300 juta. “Dulu hanya 250 juta sekarang meningkat menjadi 300 juta,” katanya.

 

Baca Juga :


Kepala Dinas Sosial Kabupaten Bima Drs H Arifuddin mengatakan, selain PKH. Persoalan sosial di Kabupaten Bima ditangani melalui sejumlah program di antaranya Kelompok Usaha Bersama (KUBE), Keserasian Sosial, dana tanggap bencana, dan Komunitas Adat Terpencil (KAT). Sesuai rencana program KAT akan dilaksanakan di Kecamatan Lambu. “Program kita melanjutkan tahun lalu. Ada beberapa program termasuk bencana alam. Tapi kalau khusus bencana alam bergantung saat kejadian. Kalau PKH masih program favorit kita,” ujarya di Dinsos. (FS/AH/03)



 
KM. Wadupa-a

KM. Wadupa-a

Koordinator: FACHRUNNAS Email : kampungmediawadupaa@gmail.com Komunitas Jurnalisme Warga. Menyuguhkan Informasi seputaran Soromandi dan Wilayah Sekitar.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan