logoblog

Cari

Tutup Iklan

Komunitas Bersepeda Membantu Sesama

Komunitas Bersepeda Membantu Sesama

Dalam satu sabdanya Rasul SAW menyebutkan “hendaknya kamu membentuk komunitas karena sesungguhnya yang akan dimakan oleh srigala adalah kambing sendirian”. Atas

Sosial & Keagamaan

KM. Al_Bajuri
Oleh KM. Al_Bajuri
26 Juli, 2014 23:26:54
Sosial & Keagamaan
Komentar: 1
Dibaca: 7080 Kali

Dalam satu sabdanya Rasul SAW menyebutkan “hendaknya kamu membentuk komunitas karena sesungguhnya yang akan dimakan oleh srigala adalah kambing sendirian”. Atas dasar hadis ini para pemuda di Desa Bajur kecamatan Labuapi Lombok Barat membentuk sebuah komunitas yang mereka beri nama BBC (Bajur Baysicle Club) atau kelompok bersepaeda warga Bajur.

BBC didirikan sekitar tiga bulan lalu. Dasar didirikannya komunitas ini, menurut Saefurrahman koordinator komunitas ini, menyebutkan karena masyarakat desa Bajur kesehariannya sibuk dengan kegiatan usahanya berkeliling menjajakan dagangannya, sehingga sangat jarang melakukan olah raga. Dengan adanya kelompok bersepeda ini maka kegiatan berolah raga warga kini semakin rutin.

Masih menurut Saefurrahman “dan diantranya pula yang mendasari berdirinya BBC adalah membuat aktivitas untuk para pemuda sehingga para pemuda punya kegitan, kalau para pemuda selama ini hanya duduk dan menganggur tanpa kegiatan yang mengakibatkan banyak perilakunya yang meresahkan waerga yang lain, dengan bergabung di komunitas ini maka banyak hal-hal positif yang bisa dikerjakan”.

Jumlah anggota dari BBC ini semakin hari semakin bertambah. Pada saat awal berdirinya hanya terdapat 5 anggota, dan kini setelah tiga bulan, anggotanya berjumlah 35 orang. Syarat boleh bergabung pada komunitas ini adalah harus memiliki sepeda tentunya, sedangkan persyaratan berikut adalah membayar iuran perminggu Rp. 5.000,- dan membayar iuran seragam Rp. 60.000,-. Dana iuran ini digunakan ketika tour bersepeda ketempat yang sudah dijadwalkan.

Untuk kepemilikan sepeda kelompok ini menyediakan pembiayaan untuk pembelian sepeda, mengenai angsuran diserahkan kepada anggota memilih sepeda yang harga berapa.contonya jika ada yang memeilih sepeda dengan harga 2 juta, maka anggota akan mengangsurnya Rp. 250.000/bulan selama sepuluh bulan, sehingga totalnya Rp.2.500.000,-.

 

Baca Juga :


Adapun program touring yang pernah dilaksanakan adalah diawali dengan rute Bajur melalui jalan lingkar selatan menuju kebon Roek ke timur sampai jalan baru menuju Monjok terus keselatan sampai Desa Bajur kembali. Terakhir kelompok ini sudah samapi ke BIL kembali melaui Praya menuju Kediri dan Sampai ke Bajur.

Sedangkan untuk perogram sosial, Yang pernah dilakukan adalah memberikan santun untuk keluarga kurang mampu yaitu dengan memberikan pakaian. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 26 Juli 2014 bertepatan dengan tanggal 28 Ramdan 1435 bertempat di Dusun Bajur Kalijaga Desa Bajur .  Jumlah anak yang disantuni 200 orang. Masing-masing anak mendapatkan satu baju dan celana. Bantuan ini di dapat dari beberapa orang donatur yang berprofesi sebagai penjahit atau konpeksi.

Adapun program sosial lain yang akan dilaksanakan oleh BBC adalah donor darah menurut Saefurrahaman, saat ini untuk program donor darah masih pada pendataan golongan darah, setelah semua terdata maka di jadwalkan setelah Ramdan semua anggota akan mendonorkan darahnya.(Musleh) - 05



 
KM. Al_Bajuri

KM. Al_Bajuri

SUSUNAN PENGURUS KM_AL BAJURI Ketua : H. Musleh: Sekretaris : Suherman: Bendahara : Mahsun: Bidang-bidang :- TIK : Ilham: Penulisan Naskah : Salman Alfarisi: Penyuluhan : Habiburrahman: Pengembangan Ekonomi : H. Munawir: email: lehbajur@gmail.com

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM Kaula

    KM Kaula

    27 Juli, 2014

    salut buat BBC. saya sangat terinspirasi dengan cerita ini, karena ketatnya persaingan hidup hari ini membuat orang nyaris melupakan kesehatan, tapi dengan adanya kegiatan semacam ini secara tidak langsung akan memaksa orang untuk aktif berolahraga.


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan