logoblog

Cari

Gemar Beerqurban

Gemar Beerqurban

rensingbatdesa.blogspot.com - Qurban (udhiyah) adalah suatu upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan penyembelihan hewan atas dasar ketakwaan dan kesabaran

Sosial & Keagamaan

KM_Rensing Bat
Oleh KM_Rensing Bat
23 September, 2014 06:58:21
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 9796 Kali

rensingbatdesa.blogspot.com - Qurban (udhiyah) adalah suatu upaya mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan melakukan penyembelihan hewan atas dasar ketakwaan dan kesabaran dalam melaksanakan perintah Allah SWT dan RasulNya. Sebagaimana firman Allah SWT :“Daging-daging onta dan darahnya itu sekali-kali tidak dapat mencapai (keridhaan) Allah tetapi ketakwaan dari kamulah yang dapat mencapainya” (QS.Al Hajj:37)

Hukum berqurban adalah sunnah muakkad (sunnah yang sangat dikuatkan) sebagaimana hadits yang artinya “Rasulullah SAW bersabda : Saya disuruh menyembelih qurban dan qurban itu sunnah bagi kamu” (HR.Tirmidzi)

Bagi mereka yang mampu melaksanakan qurban tetapi tidak berqurban mereka mendapat ancaman keras dari Rasulullah SAW, sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya”Dari Abu Hurairah ia berkata : Telah bersabda Rasulullah SAW : “Barang siapa yang berkelapangan (harta) namun tidak mau berqurban maka jangan sekali-kali mendekati tempat shalat kami” (HR.Ahmad Ibnu Majah)

Yakinlah, bagi mereka yang berqurban, Allah akan segera memberikan ganti biaya qurban yang dia keluarkan. Karena setiap pagi Allah mengutus dua malaikat. Malaikat yang pertama berdoa: “Ya Allah, berikanlah ganti bagi orang yang berinfak,” sedangkan malaikat yang kedua berdoa: “Ya Allah, berikanlah kehancuran bagi orang pelit yang menahan hartanya” (HR Bukhari & Muslim).

Jamaah Masjid Nurul Islam Rensing Bat sejak tahun 2012 lalu telah mencanangkan Gerakan Masyarakat berqurban yang dinamakan Program “Gerakan Masyarakat Rensing Bat berQurban (Gemar berQurban). Program Gemar Berqurban Ke I tahun 2012 dan ke II tahun 2013 sebanyak 41 orang masyarakat Rensing Bat telah melaksanakan qurban melalui panitia. Pada Gemar Berqurban Ke III tahun 2014 sampai 21 September 2014  panitia telah menerima 13 orang pendaftar. Program ini telah sukses dilaksanakan oleh Panitia Ibadah Qurban dan insaallah ditangani secara profesional, program Gemar Berqurban bertujuan untuk mengajak umat islam pada umumnya dan masyarakat yang ada di Desa Rensing Bat Kec. Sakra Barat untuk mengerjakan ibadah sunnah yakni menyembelih hewan qurban dan dagingnya dibagikan kepada masyarakat Desa Rensing Bat serta anak-anak yatim piatu.

Pada tahun 2014/1435 H ini Panitia Ibadah Qurban Masjid Nurul Islam Rensing Bat Kec. Sakra Barat Kec. Sakra Barat Kab. Lombok Timur mengajak kepada semua jamaah kaum muslimin-muslimat untuk melaksanakan ibadah qurban dengan donasi 1 ekor kambing/1 orang Rp.1.800.000,- atau 1 ekor sapi//7 orang seharga Rp. 12.600.000,-

 

Baca Juga :


Untuk Pendaftaran masyarakat bisa menghubungi Panitia Ibadah Qurban Masjid Nurul Islam Rensing Bat baik secara langsung atau via handphone : Ketua Panitia: Ust. H.M.Shofiyan Hadi,S.Ag, Sekretaris Panitia : Nuruddin,M.Pd (HP.081803662780/inbok FB Nuruddin), Bendahara Panitia : H.Salbiah,S.Pd.M.Pd.( 081805266697) sedangkan untuk uang donasi qurban bisa diserahkan tunai langsung atau melalui rekening Pengurus Masjid Nurul Islam Rensing Bat pada BRI UNIT SAKRA SELONG : 4736-01-019066-53-3 a.n Pengurus Masjid Nurul Islam Rensing Bat.

Apabila menyerahkan uang tunai maka panitia qurban yang akan membeli hewan qurban batas pendaftaran sampai tanggal 1 Oktober 2014, sedangkan yang menyerahkan dalam bentuk hewan qurban (sapi/kambing) bisa diserahkan paling lambat pada tanggal 6 Oktober 2014.

Hewan qurban yang diterima Panitia akan disembelih pada tanggal 11 Dzulhijjah 1435 H atau sehari setelah hari raya idul adha 1435 H, karena itu mari segera  daftar. (Panitia Gemar berQurban III 2014) - 01



 
KM_Rensing Bat

KM_Rensing Bat

Hidup sederhana itulah bahagia. A@angzie, WA 087758488407 (penulis), Desa Rensing Bat Sakra Barat-Lotim

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan