logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pulau Bungin Yang Unik

Pulau Bungin Yang Unik

Pulau bungin merupakan salah satu pulau yang terletak di kecamatan Alas kabupaten Sumbawa ,Nusa Tenggara Barat. Dulunya, sebelum tahun dua ribu,yang

Sosial & Keagamaan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
10 November, 2014 19:51:16
Sosial & Keagamaan
Komentar: 23
Dibaca: 10675 Kali

Pulau bungin merupakan salah satu pulau yang terletak di kecamatan Alas kabupaten Sumbawa ,Nusa Tenggara Barat. Dulunya, sebelum tahun dua ribu,yang mana ketika orang akan mengunjungi pulau ini harus mempergunakan perahu sampan. Tapi setelah tahun dua ribuan, dari swasembada masyarakat berusaha membuat infrastruktur jalan daratyang menghubungkan antara pulau ini dengan daratan pekampungan yang ada di alas kota, sehingga penduduk yang ada di pulau ini banyakmengalami perubahan, khususnya perubahan sosial di sektor ekonomi dan di sektor pendidikan.

Yang tak kalah menariknya di pulau bungin ini adalah keunikan hewan piaraan, yaitu kambing bisa bertahan hidup walaupun tidak ada rerumputan atau tumbuh-tumbuhan sebagai bahan makananya. Kambing-kambing di sini hanya mengkomsumsi sampah berupa kertas atau kain yang tergeletak di pinggir jalan atau di tempat sampah.Hanya saja prilaku kambing di sini terkadang meresanhkan pada warga, karena ketika kambing-kambing tersebut melihat kardus atau pakaian yang lagi dijemur oleh warga, mereka pun tak sungkam-sungkam untuk menyolongnya.

Keunikan lain di pulau ini adalah ketika seorang warga penduduk yang akan membentuk rumah tangga, mereka harus mengumpulkan sejumlah batu karang dari laut untukdijadikan sebagai bahan timbunan di tepi laut. Ketika tepi laut tersebut sudah tertimbun, barulah akan membangun rumah panggung yang terbuat dari kayu.. Dari sini juga dapat dipahami bahwa dulunya, pulau bungin ini hanya merupakan gumpalan atau timbunan pasir yang luasnya hanya dapat dibangun dua rumah, termasuk musholah, dan konon kabarnya bahwa bangunan pertama di pulau ini adalah sebuah musholah yang dibangun oleh seorang pelaut dari sulawesi.

Dari tahun ke tahun, pulau ini selalu mengalami perluasan wilayah, dan sampai kini luas wilayah pulau bungin sudah mencapai sekitar tujuh hektar. Salah satu faktor penyebabnya adalah tradisi mengumpulkan batu karang dari laut,seperti yang dibahas sebelumnya. Tradisi mengumpulkan batu karang dari laut merupakan suatu tradisi yang diwajibkan kepada warga penduduk yang ingin melangsungkan perkawinan dan ada niat untukmenetap di pulau tersebut.

Ketika batu karang sudah terkumpul, barulah akan dilakukan penimbunan di tepi laut guna membangun rumah di atasnya. Rumah yang dibangun di atas timbunan batu karang tersebut adalah rumah panggung adat Sulawesi  selatan. Rumah panggung adat Sulawesi selatan ini menjadi budaya di pulau ini karena warga penduduk di sini dapat dikatakan nenek moyangnya berasal dari Sulawesi selatan.

 

Baca Juga :


Dengan semakin bertambahnya penduduk di sini tentu wilayah pulau ini mengalami kepadatan.Penduduk di wilayah ini sudah mencapai kurang lebih empat ribu jiwa, berarti tidak adanya keseimbangan dengan lokasi pemukiman di pulau ini. Kepadatan penduduk yang ada di pulau ini disebabkan karena terjadinya kawin mawin dan ada niat untuk menetap di pulau ini dan pulau ini memang juga memudahkan untuk bertahan hidup karena dekat di lokas ipencari nafkah yaitu di laut atau bekerja sebagai nelayan sehingga warga penduduk yang telah menikah di wilayah ini, baik perempuan atau laki-laki lebih senangnya menetap di pulau ini.

Di sisi lain bahwa pengakuan dari warga setempat di mana sebelum masuknya program kelurgaberencana (KB) rata-rata warga penduduk di sini memilikianak lebih dari dua, bahkan ada yang memliki anak sampai sepuluh, sehingga wajar saja kalau penduduk di pulau ini semakin meningkat. Hanya saja setelah program keluarga berencana (KB) berhasil, kuantitas penduduk tidak mengalami penurunan karena selain masuknya penduduk pendatang dari luar untuk mencar inafkah sebagai nelayan atau profesi lain, juga karena marakanya penikahan di usia dini.

Penuturan dari warga setempat bahwa setelah digalakkannya program keluarga berencana (KB) di pulau ini, rata-rata dalam satu keluarga memiliki anak dua,akan tetapi setiap warga penduduk yang melakukan nikah dini masing-masing memilki anak satu atau dua.Tersimpulkan bahwa program keluarga berencana (KB) yang mengharapkan cukup dua anak saja telah berhasil, tapi dengan pernikahan diniinilah yang menyebabkan pertumbuhan penduduk yang dahsyat, karena dengan nikah dini tentu memiliki kesempantang yang banyak atau panjang untuk melahirkan.[] - 05



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

23 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    mitisisasi masih berlaku di pulau Bungin.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    bungin artinya gumpalan atau pasir yang timbul di permukaan laut, itulah pulau bungin...


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    hanya perlu ketegasan pemerintah setempat pulau bungin agar lebih memperhatikan pembuangan sampah...jangan mengotori tepi laut.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    kelompok pemuda (karang taruna) pulau bungin berhasil membudidayakan terumbu karang.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    pengrajin kulit cincin dan gelang dari kulit penyu ada di pulau bungin


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    program keaksaraan fungsuonal di pulau bungin sudah sukses.


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    pendisikan anak di pulau bungin berekemang setelah adanya infrastruktur jala darat yang dibangun pada tahun 2000 oleh masyarakat setempat


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    sumur air tawar di dekat pulau bungin yang keramat.....


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    ingin melihat bentuk rumah panggung sulawesi datanglah di pulau bungin


  • KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    13 Februari, 2015

    ingin melihat kehidupan sosial ekonomi dan budaya di desa nelayan sulawesi selatan, lihatlah pulau bungin.


  •  
     

    TULIS KOMENTAR

    Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
     
    Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
     
    Tutup Iklan