logoblog

Cari

Tutup Iklan

Warga Sukamulia Dihujani Bansos

Warga Sukamulia Dihujani Bansos

KM. Sukamulia-Program Pemerataan dan Percepatan Pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB terus dikucurkan. Mulai dari pembangnan infrastruktur jalan raya, pembangunan

Sosial & Keagamaan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
28 November, 2014 01:35:24
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 3833 Kali

KM. Sukamulia-Program Pemerataan dan Percepatan Pembangunan yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB terus dikucurkan. Mulai dari pembangnan infrastruktur jalan raya, pembangunan RKB dan renovasi bangunan sekolah, hingga pemberian bantuan kesejahteraan sosial yang berupa Rumah Kumuh, Bedah Rumah, pengadaan KWH geratis bagi masyarakat miskin, bantuan sosial bagi pedagang bakulan, bantuan sosial bagi kelompok ternak dan berbagai program lainnya terus tersalur semenjak pertengahan tahun 2014.

Salah satu jenis bantuan sosial yang jumlah sasarannya cukup banyak adalah program Rumah Kumuh. Program Bantuan Sosial yang diberi nama Bantuan Runah Kumuh merupakan salah satu program pemerataan pembangunan dalam bidang sosial. Bantuan Rumah Kumuh ini ditujukan bagi masyarakat miskin yang tempat tinggalnya termasuk dalam keriteria tidak layak huni.

“Pendataan calon penerima Bantuan Rumah Kumuh di wilayah Kabupaten Lombok Timur pada khsusnya dan NTB pada umumnya telah dilaksanakan sejak bulan Mei 2014 dan penyaluran dananya mulai dilaksanakan sejak bulan Agustus. Khusus di wilayah Lombok Timur, Dana Bantuan Rumah Kumuh ini mulai dikucurkan sejak pertengahan Agustus, sedangkan kita yang ada di Kecamatan Pringgabaya mulai menerima bantuan tersebut pada pertengahan bulan September lalu”. Hal ini disampaikan oleh Kepala Desa Pohgading Timur (Ahir Yasin, SH) saat kami temui di ruang kerjanya.

Beliau juga menerangkan bahwa Kecamatan Pringgabaya adalah penerima Bantuan Rumah Kumuh terbanyak dengan jumlah kuota sekitar 5.000 orang sasaran. Desa Pohgading Timur mendapatkan kuota sekitar 500-an orang sasaran dan sasaran terbanyak adalah masyarakat Dusun Sukamulia dengan jumlah sasran sekitar 150-an.

Di Sukamulia sendiri terdapat 32 orang penerima dan sejak pertengahan September lalu, mereka sudah mulai menerima bantuan tersebut. Perlu diketahui bahwa bantuan ini tidak berbentuk uang tunai, melainkan berbentuk bahan-bahan bangunan. Menurut keterangan Muhasan (Ketua RT 16 Dusun Sukamulia), “setiap penerima bantuan diberikan kebebasan untuk memilih bahan bangunan apa saja yang ia butuhkan, mulai dari material galian, kusen, ataupun bahan-bahan lainnya dengan nilai Rp. 7.500.000. Artinya setiap penerima bantuan Rumah Kumuh bebas mengambil bahan bangunan apa saja dengan nilai Rp. 7.500.000 sebab itulah anggaran yang diberikan oleh pemerintah”.

Istimewanya lagi, masyarakat Dusun Sukamulia diberikan Bantuan Sosial yang disebut dengan Istilah Bedah Rumah. Sasaran dari Bansos ini adalah warga yang kediamannya berkeadaan rusak berat dan sudat betul-betul tidak layak huni. Kepala Desa Pohgading Timur menjelaskan bahwa, “program Bedah Rumah ini adalah program yang dicanangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB yang dipusatkan di Desa Pohgading Timur, sehingga Bapak Gubernur NTB sudah menjadwalkan bahwa beliau akan langsung melakukan serah terima dan peresmian bangunan Bedah Rumah secara simbolik di Kantor Desa Pohgading Timur pada bulan Desember yang akan datang”.

Ada 4 orang warag Sukamulia (RT. 16) yang menerima bantuan Bedah Rumah tersebut, yaitu Amaq Rudiah, Muhasan, Amaq Ida dan Amaq Karma. Setiap penerima diberikan dana sebesar Rp. 25.000.000. Keterangan yang penulis dapatkan dari para penerima bahwa setiap penerima dibebani untuk membayar ongkos tukang sebesar 1,5 juta. Pembangunan Bedah Rumah ini sudah dimulai pada pertengahan bulan September lalu dengan pengawasan dari Dinas PU dan hingga saat ini penyelesaian bangunan sudah mencapai 65 %.

 

Baca Juga :


Selain 2 jenis program Bansos tersebut, warga Dusun Sukamulia juga rencananya akan diberikan bantuan KWH, program ini tentunya akan diberikan kepada warga yang belum memiliki KWH sendiri di rumah-nya. Hal ini adalah bukti keseriusan pemerintah dalam melaksanakan program kesejahteraan masyarakat.

Tadi pagi, Ketua RT Dusun Sukamulia beserta Kadus Sukamulia kembali melakukan pendataan calon penerima Bantuan Rumah Kumuh. Menurut keterangan beliau berdua, Sukamulia mendapatkan kuota tambahan sejumlah 25 orang sasaran.

Warga Sukamulia betul-betul dihujani Bansos, mulai dari awal tahun 2014, beberapa orang pedagang bakulan di Dusun Sukamulia diberikan bantuan modal stimulant, kemudian menyusul program bantuan hewan ternak. Bantuan hewan ternak didapatkan oleh Kelompok Ternak Pada Angen yang beranggotakan 10 orang warga Sukamulia dan diketuai oleh Sanusi. Di Desa Pohgading Timur sendiri, hanya Kelompok Ternak Pada Aengen-lah yang mendapatkan bantuan hewan ternak berupa 25 ekor kambing super.

Semoga saja dengan terkucirnya berbagai jenis Dana Bantuan Sosial tersebu, kesejahteraan masyarakat semakin meningkat dan semoga ke depannya Pimprov NTB dan Pemkab Lotim dapat memberikan program-program Bansoso lainnya demi terwujudnya NTB Makmur dan Sejahtera. [] - 05

_By. Asri The Gila_



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan