logoblog

Cari

Tradisi Sahur di Maria

Tradisi Sahur di Maria

KM. LENGGE,- Tidak terasa bulan suci Ramadhan sudah memasuki hari ke enam, segala aktifitas dan ke khas-an bulan suci ramadhan sangat

Sosial & Keagamaan

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
23 Juni, 2015 06:18:58
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 17052 Kali

KM. LENGGE,- Tidak terasa bulan suci Ramadhan sudah memasuki hari ke enam, segala aktifitas dan ke khas-an bulan suci ramadhan sangat terasa di daerah daerah yang belum begitu terganggu oleh hiruk pikuk dan rutinitas penuh kesibukan ala kota kota besar.

Begitupun yang terlihat di sini, suasana khas Bulan Ramadhan begitu kental dan terasa. Jam jam sore yang diisi dengan ‘ngabuburit’, menunggu jam berbuka puasa tiba sembari mencari takjil untuk berbuka puasa. Begitupun malamnya, masyarakat berbondong bondong menuju masjid dan mushala terdekat untuk taraweh berjamaah.

Malam dan subuh pun sangat terasa khas nya bulan suci ini, pukul sahur keliling!! Nah ini yang paling diminati oleh anak anak maupun pemuda pemuda, selain untuk membangunkan sahur, pukul sahur keliling juga dijadikan ajang berkumpul bersama teman sejawat, sebagian juga bahkan rela menginap dimasjid untuk menunggu saat saat sahur tiba dan bersama sama pukul sahur keliling.

Di kecamatan Wawo, setiap bulan Ramadhan datang,  menjadi hal yang mengembirakan bagi anak-anak, remaja dan anak-anak muda di ka mpun g-kampung. Ramadhan bagi mereka merupakan bulan pengampunan, penuh berkah, dan masih banyak keagungan laiinya. Namun bagi sebagian anak-anak di Desa Maria menjadi hal yang ditunggu-tunggu yaitu membangunkan orang untuk makan sahur. 

Mereka membagi kelompok 1 atau 2 kelompok untuk berjalan memasuki kampung satu ke kampung yang laiinya untuk membangunkan masyarakat makan sahur dengan membawakan lagu atau yel-yel khas membangunkan orang-orang makan sahur untuk menjalankan ibadah Ramadhan.

Nah, ada yang unik...dimana pukul sahur keliling menggunakan kentongan, gendang besar atau bahkan alat alat dapur sudah mainstream, Har marsudi, Alwan, Indra, opick dan teman teman lainnya memiliki ide baru dan terbilang sangat briliant, berhubung mereka adalah anggota drumband disekolah masing masing kenapa tidak menggunakan alat ini saja??selain lebih nyaring, juga akan lebih ‘asyik’ di dengar.

ide punya ide, hari pertama puasa kemarin dipinjamlah alat alat drum band dari sekolah terdekat,har, yang juga salah satu instruktur drumband SMPN 1 Wawo bersama teman temannya mulai mulai mengumpulkan alat alat,  perangkat drumband dan lainnya pun terkumpul. Dengan alat alat yang sudah dipersiapkan, ditambah pengeras suara portable untuk melantunkan takbir dan panggilan sahur, pukul sahur keliling pun dimulai....

Tetapi, di desa-desa lain di kecamatan Wawo, membangunkan sahur dengan alat-alat sederhana tetap dan menjadi tradisi digunakan, seperti kentongan, panci bekas, kaleng bekas dan alat-alat laiinya, kendati jaman semakin canggih tapi alat-alat yang digunakan sejaj dulu tetap dipergunakan hingga sekarang.

 

Baca Juga :


Bum..gedebum gedebum.........sahur sahur sahur......SAHUR.....................!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! [] - 01

 

Salahsatu tokoh pemuda Desa Maria, Muklis Azis membenarkan bahwa setiap bulan Ramadhan kegiatan seperti pawai obor, bangunkan orang sahur dan kegiatan pekan Ramadhan akan menjadi kegiatan rutin dan agenda pemuda Maria. "Setiap malam kita berkoordinasi dan berkumpul bersama dengan anak-anak untuk mengelilingi kampung, membangunkan orang makan sahur, setelah selesai, kita pulang ke rumah masing-masing agar segera sahur juga, karena waktu juga sangan singkat,"ujar Lee panggilan akrab pemuda ini.

Sudah pasti, ditengah keheningan malam suaranya begitu nyaring,dan masyarakatpun terbantu, tidak repot repot pasang alarm lagi, ketika suara dari ‘grup drumband’ ini terdengar berarti sudah waktunya bangun untuk santap sahur. Itulah indah dan nikmatnya Bulan suci ramadhan dengan suasana dan ke khas-an nya, Selamat menjalankan ibadah puasa.(GALANK



 
KM LENGGE

KM LENGGE

KM Lengge Wawo Sekretariat : Jln Lintas Bima Sape KM 17 Komplek Lapangan Umum Wawo, Maria Utara Bima - Contac Person : 085338436666/081803884629 - Email : wawolengge@gmail.com - Koordinator : Edy Irfan Anggota : Galank, Ahyar, Benk, Jhuan

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan