logoblog

Cari

Sambut HUT TNI, Kodim Dompu Gelar Baksos

Sambut HUT TNI, Kodim Dompu Gelar Baksos

Dompu - Menyambut HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 70 tahun, Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/Dompu menggelar berbagai kegiatan bakti sosial,

Sosial & Keagamaan

KM. Potu (KMP)
Oleh KM. Potu (KMP)
06 Oktober, 2015 17:09:51
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 7371 Kali

Dompu - Menyambut HUT Tentara Nasional Indonesia (TNI) ke 70 tahun, Komando Distrik Militer (Kodim) 1614/Dompu menggelar berbagai kegiatan bakti sosial, sebagai bentuk kecintaan dan pelayanan kepada masyarakat. Kegiatan tersebut sebagai perwujudan akan nilai-nilai Pancasila dan UUD 1945, serta  Sapta Marga dan Sumpah Prajurit TNI, tutur Dandim 1614/Dompu Letkol Asep Rahmat Sukmana, S.IP, disela-sela kegiatan dikantornya, Rabu (30/09).

Dijelaskannya, beberapa kegiatan bakti sosial yang telah dan sedang dilaksanakan diantaranya kegiatan pasar murah, pembagian sembako kepada masyarakat kurang mampu, pengobatan massal, donor darah, penanaman mangrove, dan pelayanan KB gratis. Kegiatan ini melibatkan instansi seperti Dikes dan BKKBN serta instansi terkait sebagai mitra.

Tujuan dilaksanakannya bakti sosial menurut Dandim yakni memberikan pelayanan kepada masyarakat karena TNI adalah sahabat masyarakat dan masyarakat adalah mitra dan kekuatan TNI dalam membangun bangsa dan negara. Selain itu, melalui kegiatan tersebut dimaksudkan untuk menghilangkan ketimpangan antara TNI dan masyarakat, sehingga tidak ada lagi perbedaan dan jarak antara TNI dan masyarakat, tandasnya.

Harapannya kedepan, lanjut Asep, terjadinya sinergitas antara TNI dan masyarakat, "Karena kekuatan negara ini tergantung sinergitas antara TNI dan masyarakat" tegasnya.

Sebagaimana istilah yang sering dilontarkan oleh pimpinan kami, "TNI bersama masyarakat negara ini kuat, TNI tanpa masyarakat negara ini akan hancur" artinya, antara TNI dan masyarakat harus bersatu padu dalam membangun kekuatan negara, ujar Asep.

 

Baca Juga :


Selain bakti sosial, pada acara puncak yakni tanggal 5 Oktober mendatang, akan dilakukan parade dan upacara biasa dalam rangka HUT TNI ke 70 tahun. Setelah upacara dirangkaikan dengan sosio drama sejarah Panglima Besar Jenderal Soedirman, dalam jejak perjuangannya merebut dan mempertahankan kemerdekaan.

Masih Asep, usai adegan sosio drama, dilanjutkan juga pemusnahan terbuka senjata api rakitan yang diserahkan secara sukarela oleh masyarakat selama ini. Pemusnahan tersebut ujarnya  agar masyarakat mengetahui bahwa senjata yang diserahkan tersebut dimusnahkan dengan maksud untuk mengurangi konflik di masyarakat.

Dalam momentum HUT TNI tahun ini yang bertepatan dengan proses jadwal dan tahapan Pilkada serentak, kita selalu waspada dan antisipasi gejolak yang akan muncul kemudian. Dalam hal itu juga, kami menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban dilingkungan masing-masing, serta menahan dirinya dari hal-hal yang dapat mengganggu kepentingan publik, pesan Asep. [] - 05



 
KM. Potu (KMP)

KM. Potu (KMP)

Lahir dan besar di Potu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Senang menulis apapun secara bebas. Email : miftahulyani@gmail.com. Hp. 087866921180. Terinspirasi oleh KM. Bali 1.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan