logoblog

Cari

Sahur Bareng Ala ASA Community

Sahur Bareng Ala ASA Community

KM. Sukamulia – Bulan Ramadhan bukan hanya bulan suci dimana Allah menurunkan Ramat, Barokah dan Ampunannya. Jika dilihat dari aspek sosial,

Sosial & Keagamaan

KM. Sukamulia
Oleh KM. Sukamulia
20 Juni, 2016 11:31:15
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 43127 Kali

KM. Sukamulia – Bulan Ramadhan bukan hanya bulan suci dimana Allah menurunkan Ramat, Barokah dan Ampunannya. Jika dilihat dari aspek sosial, Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh dengan nilai-nilai sosial sebab pada bulan ini tersedia banyak kesempatan untuk melakukan kegiatan-kegiatan sosial dan keagamaan. Pada bulan ini juga terdapat kesempatan untuk berkumpulnya keluarga, sahabat dan kerabat guna menjalin silaturrahmi. Untuk itu, tidak jarang keluarga dan para sahabat yang menggunakan kesempatan itu untuk menikmati kebersamaan yang salah satunya adalah dengan melaksanakan buka dan sahur bersama.

Buka bersama sepertinya adalah hal yang biasa dan sering sekali dilakukan oleh banyak orang, berbeda dengan sahur bersama yang jikapun dilaksanakan  namun itu agak jarang. Nah, bagi ASA Community, sahur bersama merupakan salah satu hal yang dimasukkan dalam agenda tahunan mereka sehingga setiap tahunnya, komunitas Anak Sukamulia Asli ini melaksanakan kegiatan tersebut tiga atau empat kali selama bulan Ramadhan.

Tujuan dilakukkannya sahur bersama ini adalah untuk memupuk rasa kebersamaan diantara seluruh anggota ASA Comunty sebab jarang-jarang anggota komunitas ini bisa berkumpul untuk makan bersama yang dikarenakan sebagian besar anggota komunitas ini bekerja dan bersekolah di tempat yang jauh.

Bulan Ramadhan adalah momen yang tepat untuk kami berkumpul sebab biasanya pada bulan Ramadhan terdapat kesempatan liburan bagi anggota komunitas yang bersekolah atau banyak pula anggota ASA yang mengambil jadwal cuti pada bulan ini. Untuk itu, momen tersebut kami manfaakan sebaik mungkin untuk mempuk kebersamaan dengan melaksanakan kegiatan Buka Puasa dan Sahur Bersama, papar Saefudin (coordinator bagian sosial keagamaan ASA Community).

Untuk tahun ini, ASA Community memprogramkan kegiatan Sahur Bersama setiap minggu yang artinya bahwa selama bulan Ramadhan ini, ASA Community melakukan empat kali Sahur Brsama dan tadi pagi (20 Juni 2016), dilakukan Sahur Bersama yang kedua. Kegiatan ini dilaksanakan di markas ASA Community.

Hal yang menarik dari kegiatan Sahur Bersama yang dilaksanakan oleh komunitas ini adalah jalinan kerjasama dan keakrabaan yang tercipta dalam kegiatan tersebut. Untuk melaksanakan Sahur Bersama, semua anggota dibebankan mengelurakan uang sebesar Rp. 10.000. Dana yang terkumpul kemudian digunakan untuk membeli ikan dan beras. Pada pukul 02.00 wita, semua anggota mulai bergerak untuk mempersiapkan hidangan santap sahur mereka. Ada yang ditugaskan untuk memasak nasi, ada yang ditugaskan untuk memasak ikan dan sebagainya. Pokoknya semua anggota yang berkumpul tidak ada yang nganggur, di sinilah terlihat kerjasama dan kekompakan antara anggota komunitas ini.

 

Baca Juga :


Pukul 03.15 wita, hidangan santap sahur sudah siap dan mulailah mereka (anggota ASA) memainkan Kul-Kul Besaur sambil berkeliling kampung supaya semua warga bangun untuk makan sahur. Usai berkeliling kampung, mereka menghidangkan hiding santap sahur yang telah mereka siapkan tadi dan mulailah mereka Santap Sahur Bareng.

Dalam tradisi ASA Community, Sahur Bareng dilakukan dengan caranya sendiri, yakni dengan cara begibung (bahasa sasak). Biasanya wejangan santap sahur mereka hidangkan pada nare (dulang) atau daun pisang. Bukan hanya itu, konsep pembagian makanannya juga dilakukan dengan asas keadilan sehingga semua anggota mendapatkan bagian yang sama. Sungguh indah kelihatannya, yaaa kebersamaan itu memang indah sebab itulah anggota komunitas ini senantiasa memanfaatkan momen bulan Ramadhan sebagai tempat berkumpul melaksanakan berbagai kegiatan sosial keagamaan.

Yach, demikianlah anak-anak ASA Community mengekpresikan rasa kebersamaan mereka dengan cara melaksanakan Santap Sahur bareng pada setiap bulan Ramadhan. Semoga saja ikatan kekeluargaan dan silaturrahmi anggota komunitas ini senantiasa terjalin mesra. Semoga pula kegiatan Santap Sahur dan Buka Bersama yang mereka programkan selalu terlaksana.

_By. Asri The Gila_ [] - 05



 
KM. Sukamulia

KM. Sukamulia

Nama : Asri, S. Pd TTL : Sukamulia, 02 Januari 1985 Jenis Kelamin: Laki-laki Agama : Islam Pekerjaan : Swasta Alamat, Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kec. Pringgabaya No HP : 082340048776 Aku Menulis Sebagai Bukti Bahwa Aku Pernah Ada di Dunia

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan