logoblog

Cari

Lobar Segera Bumikan Alquran Bagi Pelajar

Lobar Segera Bumikan Alquran Bagi Pelajar

Lombok Barat-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Barat (Lobar) akan membumikan Alquran. Program budaya literasi membaca Alquran dan terjemahannya akan mulai

Sosial & Keagamaan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
26 Juli, 2016 09:57:57
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 9286 Kali

Lombok Barat-Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lombok Barat (Lobar) akan membumikan Alquran. Program budaya literasi membaca Alquran dan terjemahannya akan mulai diberlakukan pada tahun ajaran baru. Program khusus bagi anak SD dan SMP rencananya akan rampung dalam waktu dekat ini.

“Program ini konsepnya masih kita susun. Paling tidak minggu kedua dan ketiga tahun ajaran baru ini sudah diterapkan di semua sekolah dasar,” jelas Kadis. Dikpora Lombok Barat, H. Ilham, M.Pd di Gerung, Senin (25/7).

Dikatakannya, konsep ini sejalan dengan program bupati dan gubernur yang ingin membumikan Alquran di NTB. Selama ini, banyak anak bisa mengaji tanpa memahami isinya. Program ini akan menjadikan anak bisa mengaji dengan memahami isi yang terkandung didalamnya. “Tim kontrol juga akan dibentuk dalam program ini,” jelas mantan Kepala SMPN 2 Lembar ini.

Menurutnya, program ini akan dilaksanakan sebelum mulai jam belajar. Peserta didik akan mengaji dan membaca artinya selama 15 menit. Kalau pun ada siswa yang tidak bisa mengaji nanti akan digembleng guru agama di sekolah. “Kami juga minta guru agama mengajar anak yang tidak bisa mengaji,” tukasnya.

 

Baca Juga :


Program tersebut katanya, akan melibatkan guru agama, bahasa Indonesia, dan PPKN. Terkait fasilitas, ia akan meminta orangtua menyumbang Alquran di sekolah. “Saya rasa orangtua akan menyambut baik program ini,” imbuhnya.

Dijelaskannya, sesuai undang-undang pendidikan, didalamnya menyebutkan tujuan pendidikan tidak hanya membentuk manusia yang berilmu dan berpendidikan tinggi. Tapi juga menciptakan manusia yang berakhlak mulia.“Ini akan menciptakan pendidikan di Lobar religius,” jelasnya. (wardi) -01



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2020 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan