logoblog

Cari

Tutup Iklan

FKUB Ujung Tombak Kerukunan Umat Beragama

FKUB Ujung Tombak Kerukunan Umat Beragama

Mataram, _Pertemuan antara Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat merupakan agenda utama yang sangat penting untuk memelihara kerukunan. Ini tugas Kementerian Agama guna

Sosial & Keagamaan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
12 April, 2017 07:53:43
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 6231 Kali

Mataram, _Pertemuan antara Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat merupakan agenda utama yang sangat penting untuk memelihara kerukunan. Ini tugas Kementerian Agama guna memelihara kerukunan diantara kita menuju suasana yang harmanis dan diharapkan dapat memelihara kerukunan antar dan interen umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat sebagai antisipasi dari Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat.

Hal tersebut diatas disampaikan PLT Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat H. Jaelani pada saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi dimulainya kegiatan Workshop Pencegahan Konflik bagi Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Toko Perempuan dan Tokoh Pemuda pada hari Senin 10/04/2017 yang dilaksanakan di Mataram Square selama 3 hari dari tanggal 10/04/2017 s/d tanggal 12/04/2017.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kanwol Kemenag Prov.NTB Drs.H. Sirojudin, MM , Kasubag Hukum dan KUB dengan jumlah peserta seabanyak 60 ( enam pulah ) orang .

Dikatakan bahwa agama adalah hak dasar setiap manusia dan ada potensi yang beragam.dan  6 agama yang diakui dan yang terahir yang belum diakui adalah agama Konghucu.

Keragaman atau perbedaan merupakan salah satu keniscayaan untuk berkomitmen pada FKUB yaitu bagaimana menciptakan kerukunan baik intern maupun antar umat beragama. Wadah ini dimiliki pemerintah untuk kepentingan menjaga kondisifitas dari berbagai keragaman di Indonesia. NTB ini salah satu Cerminiatur Indonesia karena semua agama ada.

Perlindungan umat beragama baik pemerintah maupun mayoritas wadahnya di FKUB ini dan Kementerian Agama memfasilitasi baik Workshop maupun perkemahan lintas agama bisa menciptakan kedamaian dan kerukunan. Labih lanjut dikatakan bahwa NTB ada 2 pulau, pulau Sumbawa dan pulau Lombok kemudian 2 pulau ini ada 6 etnis yang beragam.

 

Baca Juga :


Di NTB keberagaman ini membawa suatu kenikmatan dan akan indah kalau bisa potensi-potensi tersebut dimajemen dengan baik sehingga menghasilkan sesuatu yang menyejukan hati masing-masing umat beragama.

Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat lebih tahu gejala-gejala konflik yang ada di tengah masyarakat, kemudian kegiatan ini bertujuan untuk mengantisipasi pemerintah kaitan dengan hal-hal yang belum terjadi antara umat yang satu dengan yang lainnya.

Berkaitan hal tersebut Jaelani berharap kepada Toga, Toma masing-masing umat beragama untuk memberikan keteduhan dan kesejukan bagaimana agar umat tidak cepat terpengaruh oleh hal-hal yang belum tentu kebenarannya.

Dan satu hal yang menjadi penting melalui forum seperti ini bagaimana langkah-langkah para Toga, Toma untuk mengambil tindakan pencegahan kaitan memecah belah keragaman, ras dan golongan. Harapan H. Jaelani untuk pelaksanaan tugas Toga, Toma di NTB bagaimana caranya agar pendekatannya lebih ditekankan kepada hal yang sangat penting yaitu menciptakan kedamaian dan kerukunan Umat () -01



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan