Cari

Tutup Iklan

Ada Pedang Nabi di Islamic Center NTB

Ada Pedang Nabi di Islamic Center NTB

Bangunan Masjid Islamic Center yang berlokasi di Jalan Udayana, Mataram serasa menyempurnakan sebutan kehormatan bagi Lombok sebagai “Bumi Seribu Masjid”. Walaupun

Sosial & Keagamaan

Ada Pedang Nabi di Islamic Center NTB

Ada Pedang Nabi di Islamic Center NTB

Ada Pedang Nabi di Islamic Center NTB

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
04 Juni, 2017 20:26:10
Sosial & Keagamaan
Komentar: 1
Dibaca: 10808 Kali

Bangunan Masjid Islamic Center yang berlokasi di Jalan Udayana, Mataram serasa menyempurnakan sebutan kehormatan bagi Lombok sebagai “Bumi Seribu Masjid”. Walaupun kenyataannya, pada pulau ini memiliki perpaduan antara budaya Hindu dan Islam, namun dari pandangan umum berbicara bahwa budaya Islam jauh lebih mendominasi dan memberi nuansa kehidupan pada masyarkat yang ada di pulau ini. Oleh karena itu, di bulan puasa ini, tak salah jika pemerintah provinsi NTB menggelar Pesona Khazanah Ramadhan yang berlangsung di Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB. Dalam Pesona Khazanah Ramadhan ini, berbagai item kegiatan yang tampil menghibur dan memberi informasi budaya dan wisata religi kepada pengunjung atau wisatawan. Salah satu kegiatan yang banyak dikunjungi pada Pesona Khazanah Ramadhan ini adalah pameran religi dengan menampilkan koleksi pedang Nabi.

Koleksi pedang Nabi yang ditampilkan dalam pameran ini adalah koleksi yang berupa replika, yang artinya bukan benda-benda asli yang sering digunakan oleh Rasulullah dan para sahabat nabi, melainkan hanya memiliki bentuk yang sama. Koleksi ini pun didatangkan dari Turki.

Rata-rata replika benda bersejarah tersebut memiliki berat sekitar 2 kilogram. Kecuali replika pedang milik Jafar bin Abi Thalib memiliki ukuran panjang lebih dari 1 meter dan berat 5 kilogram lebih. Para pengunjung banyak yang menyempatkan diri untuk berpoto bersama pedang yang satu ini.

Replika peninggalan benda-benda bersejarah dari Rasulullah yang ada di  IC adalah suatu hal yang paling unik dan menabjukkan bagi pengunjung pameran. Sesuatu yang tidak pernah terbayang sebelumnya, apalagi itu adalah tentang masa lampau, namun kini hadir di depan pengunjung pameran di IC. Itulah sebabnya lokasi pameran dengan menampilkan Replika Peninggalan Benda Bersejarah dari Rasulullah ini paling ramai dikunjungi oleh orang-orang.

Baca Juga :


(Sepatu Nabi)

Replika benda peninggalan Rasullah yang tampil memukau pada Pesona Khazanah Ramadhan Mataram adalah seperti pedang tongkat, pedang Al-Matsur, pedang Al-Qadib, busur panah bambu Al-Safra, dan sandal yang sering digunakan oleh para nabi di zaman dulu.

Selain itu, pada pameran religi yang tepat sekali untuk melakukan “ngabuburit” juga menampilkan pedang-pedang peninggalan para sahabat seperti pedang Dhu Al-Faqar milik Abu Bakar Siddik, pedang Al-Qal'i milik Umar bin Khattab, pedang Al-Hatf milik Utsman bin Affan, dan pedang Dzulfiqar milik Ali bin Abi Thalib.

Pameran Replika Pedang Nabi tersebut digelar di Ballroom Masjid Hubbul Wathan Islamic Center NTB (IC). Kegiatan ini berlangsung dari awal Ramdhan hingga akhir , dan  dibuka sejak pagi hingga menjelang maghrib. Kapan lagi akan menyaksikan Pameran Replika Pedang Peninggalan Rasulullah SAW. Ayo silahkan berkunjung di Islamic center (IC), namun lebih tepatnya berkunjung di saat menjelang buka puasa, dan jangan kuatir di pameran ini juga terdapat berbagai macam masakan kuliner ala tradisional sasak yang menanti anda. Namun jika ingin menikmati buka bersama di Masjid Islamic Center (IC), petugas IC siap siaga menyediakan makanan gratis untuk jama’ah yang akan be rbuka puasa. () -03



 
KM JONG CELEBES

KM JONG CELEBES

Andi Mulyan Datu Tjondong Dari Kabupaten Soppeng (Sul-Sel) -, tinggal di Selong/Mataram , fb: - Aron Zaan, No. Hp. 085337771699, pendikan Si (sastra perancis -UNHAS),pendidikan : S2 Sosiologi,ngabdi di UNU NTB MATARAM< UGR LOTIM<

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM JONG CELEBES

    KM JONG CELEBES

    30 Juni, 2017

    malam lebaran di pesawat, lebaran di jakarta, esoknya menyapa puncak bogor, tangkuban parahu....


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan