logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pawai Takbiran Kampung

Pawai Takbiran Kampung

Seperti tahun –tahun sebelumnya Kampung Karang Buaya Kelurahan Pagutan Timur Kota Mataram setiap menjelang berakhirnya bulan suci ramadhan yakni disaat malam

Sosial & Keagamaan

Kampung Media Karaya
Oleh Kampung Media Karaya
26 Juni, 2017 22:22:02
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 41073 Kali

Seperti tahun –tahun sebelumnya Kampung Karang Buaya Kelurahan Pagutan Timur Kota Mataram setiap menjelang berakhirnya bulan suci ramadhan yakni disaat malam takbiran selalu menggelar takbir kelilig kampung. Malam takbiran yang berlangsung pada tanggal 24 Juni 2017 Baqda sholat ini di ikuti oleh 7 RT yang berada di lingkungan kampung karang buaya. Masing-masing  RT membuat berbagai macam bentuk miniature masjid, ka’bah,dan alquran. Seperti halnya RT 1, mereka membuat miniature Islamic Center atau Masjid Hubbul Wathon.

Salah seorang pembuat miniature Islamic Center Taotin mengatakan pengerjaan Miniatur Islamic Center ini dikerjakan selama kurang lebih 2 minggu. Pengerjaannya pun di lakukan selepas sholat tarawih dan bibantu oleh beberapa temannya se satu RT. Dengan dana sekitar 600 ribu rupiah yang di kumpulkan dari RT1 sebuah miniature Masjid Hubbul Wathon rampung di buat sehari sebelum malam takbiran berlangsung.

Lain halnya dengan Musholla yang akrab di panggil Ola, bermodal kaca bekas sisa dari beberapa proyek yang telah di kerjakan, Maklum Ola adalah salah seorang Desain Grafir Kaca, banyak proyeknya berbahan kaca. Dengan bahan kaca inilah bersama warga RT 5 mereka membuat miniature masjid Agung yang terbuat dari kaca. Ditambah dengan hiasan lampu.

Yang lebih menarik adalah RT 3 mereka membuat miniature masjid Khusnul Khotimah tempo dulu, berodalkan atap, bamboo dan pagar bamboo ditambah dengan sejumlah hiasan lampu dan kembang yang di taruh di pinggiran masjid.

Sedangkan RT 6 sendiri dengan memakai Steriopong, sebuah masjid yang saat ini di gunakan untuk para warga Kampung Karang Buaya beribadah rampung dibuat dan hampir sama dengan bentuk aslinya.

 

Baca Juga :


Saat malam takbiran berlangsung iring-iringan peserta pawai takbir dilepas mulai dari pintu gerbang masuk Kampung Karang Buaya diringi dengan takbir warga masing-masing RT. Tak ketinggalan sejumlah juri telah menunggu di jembatan untuk menilai miniature masjid dari masing-masing RT.

Start dimulai dari pintu gerbang menuju arah barat perempatan lampu merah  pasar pagutan lalu berbelok kembali  kearah timur munuju SMA 4 Mataram kemudian belok kembali masuk ke Kampung Karang Buaya dan finish di sebelah barat Masjid Khusnul Khotimah.

Dalam Pawai Takbiran tahun ini RT 1 dengan miniature masjid Hubbul Wathon atau Islamic Center berhak menyabet juara 1 dengan memperoleh piala, uang tunai 400 ribu rupiah dan 2 dus air minum. Juara 2 diraih oleh RT 2 , RT 4 meraih juara 3 , sedangkan  harapan 1 diraih RT 5, harapan 2 diraih RT 6, RT 3 harapan 3, dan terakhir RT 7 yang dulunya setiap Pawai Takbir  selalu meraih juara 1, tahun ini harus ikhlas menyabet juara harapan paling terakhir. () -03



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan