logoblog

Cari

Tutup Iklan

Mempersatukan Persepsi Menentukan Arah Kiblat

Mempersatukan Persepsi Menentukan Arah Kiblat

Sumbawa Besar, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa bersama Tim melakukan Kalibrasi Arah Kiblat di Masjid Jami Nurul Iman Kecamatan Buer Senin,

Sosial & Keagamaan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
14 Oktober, 2017 07:11:37
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 826 Kali

Sumbawa Besar, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa bersama Tim melakukan Kalibrasi Arah Kiblat di Masjid Jami Nurul Iman Kecamatan Buer Senin, 9 Oktober 2017.

Tim yang di Ketuai oleh Penyelenggara Syariah Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa H.Suhardi, S.Pd dengan jumlah anggota 3 orang antara lain Ustad H. Faisal, S.Ag Kepala KUA Kecamatan Sumbawa, ,Ustad Marzuan, S.PdI Staf Penyelenggara Syariah, Salim Staf Tata Usaha. Menurut H.Suhardi selaku Ketua Tim mengatakan Pengukuran Arah Kiblat ini di lakukan setelah adanya surat permohonan dari Pengurus Masjid Nurul Iman Desa Tarusa Kecamatan Buer yang di sampaikan kepada Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa pada hari Kamis, 5 Oktober 2017 lalu . pengukuran ini sangat penting di lakukan untuk menghindari terjadinya kesalafahaman masyarakat bahwa Barat dan arah tenggelamnya Matahari masih di anggapnya sebagai Arah Kiblat.

Oleh karena itu Tim Kalibrasi Arah Kiblat Kemenag Sumbawa selalu siap untuk memberikan Sosialisasi kepada Masyarakat dalam rangka menetukan Arah Kiblat kapanpun di perlukan ungkap H.Suhardi. Sementara Pengurus Masjid Jami Nurul Iman Desa Tarusa merasa sangat bersyukur dan berteima kasih kepada Tim Kalibrasi Arah Kiblat Kementerian Agama atas pelayanannya kepada masyarakat Desa Tarusa dalam rangka mengukur atau menetukan arah Kiblat.

Di tempat yang sama Ustad H. Faisal, S.Ag selaku anggota Tim menjelaskan dalam mengerjakan Sholat bagi Umat Islam menghadap Kiblat hukumnya Wajib seperti di jelaskan dalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 144, 149 dan 150.

Baca Juga :


Karena itu kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa agar dapat mempersatukan persepsi untuk menentukan Arah Kiblat khususnya di Masjid Nurul Iman Desa Tarusa ini selain di ukur secara manual juga menggunakan berbagai alat yang canggih di antaranya GPS ( Gelobal Positioning Systim ), Kompas dan Waterpas di tambah lagi dengan Ilmu Pengetahuan yang dimiliki oleh Tim Kalibrasi Arah Kiblat Kemenag Sumbawa dan semoga ini dapat bermanfaat bagi masyarakat khususnya panitia pembangunan Masjid.__(jk)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan