logoblog

Cari

Tutup Iklan

Diskominfostik Sediakan Wifi Gratis di Arena MTQ XXVII NTB

Diskominfostik Sediakan Wifi Gratis di Arena MTQ XXVII NTB

KM LENGGE,- Untuk mendukung kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tahun 2017 Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Kabupaten

Sosial & Keagamaan

KM LENGGE
Oleh KM LENGGE
01 November, 2017 13:11:43
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 4769 Kali

KM LENGGE,- Untuk mendukung kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke XXVII tahun 2017 Tingkat Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Pemerintah Kabupaten Bima melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfostik) menyediakan akses internet gratis berupa Wifi selama kegiatan berlangsung di lokasi Arena MTQ.

Kasi Infrastruktur TIK Diskominfostik Kabupaten Bima, Muhammad Irfan, ST., M.Eng menjelaskan melalui via telephone cellular menjelaskan, “Pada H-2 persiapan peralatan wifi sudah stanbay di lokasi,” ujar Irfan.

Menurut Irfan, Sumber internet di dapatkan dari 2 lokasi, sumbangan dari PT. Telkom bima dengan kapasitas sebesar 100 Mega Bite Per Second (mbps) dan  dari kantor Diskominfostik Kabuapten Bima di kota bima.

“Bagaimana teknis sehingga wifi bisa sampai kesini, kalau PT. Telkom memang sudah menggunakan kabel Fiber Optic (FO) berupa produk Indihome, sedangkan kita dari Senta Internet di kantor Diskominfostik Kota Bima, kita pancarkan ke Doro Nae kecamatan Lambitu, selanjutnya ditembak tembak atau center ke lokasi Arena MTQ dengan system rural,” jelas Irfan.

Dari Arena MTQ kita pancar ulang bersama milik PT. Telkom (Indihome) sebesar 100 mbps. Sehingga kekuatan sinyal wifi  sebesar 200 mbps bisa memenuhi kebutuhan tamu, peserta lomba dan pengunjung  yang ada di Arena MTQ.

Di Lokasi Arena MTQ telah disediakan 4 wifi, untuk 1 wifi ditempatkan di dalam ruangan yang diperuntuka bagi panitia yang membutuhkan akses internet, kemudian lokasi kedua, 3 wifi di lokasi arena MTQ.

 

Baca Juga :


Untuk penempatan Wifi kedua di letakan pada 3 titik,  masing-masing wifi diletakan pada panggung  sebelah kiri , sebelah kanan dan 1 wifi lagi di panggung bagian tengah. Sehingga perhitungannya sudah bisa menyebar ke seluruh arena MTQ.

“Mudah-mudahkan ditengah jalan tidak ada kendala, tetapi kita sudah siapkan tenaga teknis yang stanby di lokasi apabila ada kendala dilapangan,”  Di Samping itu koordinasi kita dengan pihak PT. Telkom sangat intens untuk saling mendukung, sehingga cepat mengatasi persoalan dan berbagai permasalahan apabila terjadi kendala dilapangan.

Pada Event  MTQ ke XXVII tahun 2017 Tingkat Prov. NTB ini merupakan percobaan perdana jaringan internet menggunakan aksess jarak jauh. “Jadi dari Kota Bima yang menjadi sentral Internet kita bisa bisa akses di lokasi Arena MTQ, Nah dengan metode yang sama kita bisa mensuplai metode intenet di kantor maupun sekolah-sekolah yang tidak terjangkau jaringan Telkom, BTS atau jaringan internet,” ,” Ujar Ketua Remas Kabupaten Bima ini. 

Ini adalah contoh yang baik untuk kita kembangkan kedepan untuk memenuhi kendala keterbatasan akses jaringan intenet untuk pemerintah maupun masyarakat umum. Foto Istimewa FB Iyek Faris Al-Habsyi (Efan) 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan