logoblog

Cari

Tutup Iklan

Seni Baca Al-Qur’an Dikembangkan LPTQ Baturimpang

Seni Baca Al-Qur’an Dikembangkan LPTQ Baturimpang

Lembaga pengembangan tilawatil qur’an Masjid Nurul Qomar Dusun Batu rimpang Desa Jembatan Kembar menyelenggarakan pendidikan seni baca al-qur’an, atau yang biasa

Sosial & Keagamaan

KM Rinjani Lombok
Oleh KM Rinjani Lombok
13 November, 2017 08:28:53
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 3849 Kali

Lembaga pengembangan tilawatil Qur’an Masjid Nurul Qomar Dusun Batu Rimpang Desa Jembatan Kembar menyelenggarakan pendidikan seni baca Al-Qur’an, atau yang biasa di sebut pendidikan tilawatil Qur’an. Setelah di bentuk sekitar satu bulan yang lalu, lembaga yang baru di bentuk di tingkat Dusun inipun menyelenggarakan pendidikan sebanyak delapan kali dalam satu bulan, yaitu di laksanakan pada malam sabtu dan malam selasa, ba'da sholat isya.

Awal mula terbentuknya pendidikan inipun hanya konsen pada kaidah bagaimana membaca Al-Qur’an yang baik dan benar, namun justru berkembang pada rapat akhir pembentukan, itupun setelah guru tilawahnya sepakat dengan pengurus tentang malam pelaksanaannya.

Seperti yang terlihat pada senin malam Selasa 18/09, puluhan anak- anak terlihat berkumpul dari tingkat sekolah dasar hingga menengah pertama, nampak antusias ingin belajar seni baca Al-Qur’an tersebut.

Terinspirasi dari suksesnya pelaksanaan MTQ tingkat Nasional di Mataram tahun 2016 yang lalu, geliat masyarakat yang ingin membumikan Al-Qur’an ini patut di acungi jempol, mengingat setiap kali ada seleksi baik di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten tak jarang selalu kesulitan peserta.

Hal inilah yang menginspirasi para pendiri untuk menyelenggarakan pendidikan tersebut, sehingga begitu ada seleksi maka tak perlu lagi mengimpor qori dari luar kecamatan, terutama pada tingkat anak-anak yang sangat jarang sekali pesertanya.

Menurut Ust Jamaludin, bahwa keberadaan lembaga yang konsen dalam bidang tilawah ini sangat di butuhkan mengingat persaingan kedepannya membutuhkan tenaga terampil para qori-qori kita, sehingga di manapun dan kapanpun siap kita pakai.

 

Baca Juga :


Di Lombok Barat pun sebenarnya sangat banyak para qori yang sudah berlevel nasional, maka sangat di harapkan sekali suport dari para pendahulunya tersebut, karena bagaimanapun keberadaan mereka sebagai mentor sangat di butuhkan.

Banyaknya qori yang sudah punya jam terbang lebih ini di manfaatkan betul oleh para pengurus sehingga mampu mendatangkan anak didik Ust. H Jam’ul khair sebagai guru tilawahnya yaitu Ust. Musleh asal Desa Gelogor.

Dengan adanya pendidikan tilawah ini, maka dari penguruspun mengharapkan sumbangsih ide, pemikiran dan gagasan untuk kemajuan kedepannya, dan rencananya lembaga tilawah ini akan di resmikan nanti pada tanggal 11 muharram yang jatuh sekitar tanggal 01 okteber bulan depan. (Amir/wardi)

 



 
KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok

KM Rinjani Lombok diinspirasi oleh tekad bersama sesama anggota untuk membangun informasi produktif, komunikatif dan aspiratif di seputar Lobar dan gumi Lombok umumnya. Anggota: Hernawardi (Ketua), Fathurrahman, Ardipati, L. Suhaemi, Rian F, L. Budi D. Hp

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan