logoblog

Cari

Tutup Iklan

Praya Timur Langganan Banjir

Praya Timur Langganan Banjir

“Dusun yang terkena banjir bandang diantaranya dusun Rentang I dan Rentang II, Nyangkat, Matek, ganti dan semoyang, tidak hanya itu, dari

Sosial & Keagamaan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
23 November, 2017 17:45:08
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 4195 Kali

“Dusun yang terkena banjir bandang diantaranya dusun Rentang I dan Rentang II, Nyangkat, Matek, ganti dan semoyang, tidak hanya itu, dari laporan warga bahwa hari Rabu kemarin dusun Peras Kidang yang terletak di dekat bibir pantai terkena angin puting beliung menerjang rumah warga, terdapat 3 rumah rusak parah namun kini telah di tangani”. Cerita Camat Praya Timur, H.Lalu Wirenama saat menerima kunjungan Kadiskop UKM NTB, H. Lalu Saswadi bersama rombongan membawa bantuan bencana banjir.

Kata H. Lalu Wirenama, Kecamatan Praya Timur diakui merupakan langganan banjir tiap tahun terutama Dusun Peras Kidang karena letak dusun berada di ujung Praya Timur dan dataran rendah dekat dengan pantai.

Saat ditemui di Posko Terpadu Bencana Alam di Kecamatan Keruak, Kabid kedaruratan dan Logistik BPBD Lotim, Lalu Rusnan mengatakan kondisi warga yang terkena dampak banjir sudah agak normal, tim sejak awal melakukan evakuasi mulai dari pembersihan lokasi, normalisasi membersihakn kembali jembatan-jembatan yang rusak sehingga bisa dilalui kembali, rumah penduduk yang kena dampak sudah dibersihkan dan pengungsi sudah bisa balik ke rumah masing-masing.

Kata, Lalu Rusnan, bantuan terus mengalir sejak hari pertama sampai hari ke enam, bantuan disalurkan melalui dua posko, yakni posko Keruak dan posko penyaluran yang ada di Jerowaru.

Terkait banjir, Rusnan, menambahkan dengan kerusakan saat ini, pendataan kerusakan terkait dengan kedatangan BNPB kemarin yang meminta untuk mensegerakan kerusakan yang kena dampak untuk di perbaiki. Pemda setempat pun telah menyiapkan relokasi bagi warga yang kena dampak dari banjir. Saat banjir, penampungan di relokasi di kantor camat dan madrasah serta SD 5 sempit, ada juga warga mengungsi di keluarga atau kerabat dekat, sekarang semua warga sudah balik kerumah masing-masing. Sementara korban meninggal akibat banjir ada 2 orang dan rumah rusak berat,ringan dan sedang mencapai 700-an.

Lebih juah, Lalu Rusnan menyampaikan saat ini banjir bandang masuk status darurat, masalah putting beliung, tanah longsor, dan banjir bandang status daruratnya di buat sejak bulan Nopember 2017 sampai dengan April 2018 karena terkait hujan akan turun diperkirakan sampai bulan april.

 

Baca Juga :


Kadiskop UKM NTB, H. Lalu Saswadi saat turun memberikan bantuan mengatakan seberapapun bantuan diyakini ada manfaatnya bagi warga yang kena dari banjir bandang. Seperti yang di bawa saat ini diantaranya Indo Mie, Sarung, alat masak, baju, dan lain sebagainya. Sehingga teman-teman yang ada di posko ini bisa mendistribusikan bantuan yang datang secara merata di tempat-tempat yang kena banjir. Bantuan ini tidak serta merta dalam waktu yang pendek apalagi warga yang rumahnya rusak parah pasti membutuhkan penanganan yang cukup panjang.

“Gubernur sudah memerintahkan kepada kita dan kita dari dinas koperasi ini kan bawahan, pembantu dari pak Gubernur harus ikut berbuat sesuai dengan kemampuan dan daya kita masing-masing. Kita juga dari dinas koperasi mengajak dinas lain bahkan dari gerakan-gerakan koperasi yang kta bina untuk ikut andil dalam memberikan bantuan,” ungkap H. Lalu Saswadi

Bantuan Peduli Banjir Bandang Lombok dari Diskop UKM NTB di salurkan ke dua lokasi, pertama Kecamatan Praya Timur Mujur dan Kecamatan Keruak Jerowau. Penyerahan langsung diserahkan oleh Kadiskop UKM NTB, H.Lalu Saswadi, ikut juga dalam Bantauan Banjir dari gerakan Koperasi yakni Koperasi Lombok Sejati Kab.Lombom Barat.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan