logoblog

Cari

Tutup Iklan

Anak-anak Lingsar Berda'wah Lewat Musik

Anak-anak Lingsar Berda'wah Lewat Musik

Anak Limsar Berda’wa Lewat Musik Dalam meningkatkan pemahaman terhadap ajaran Islam di tanah air kita Indonesia, bebagai upaya yang dilakukan oleh

Sosial & Keagamaan

KM JONG CELEBES
Oleh KM JONG CELEBES
26 November, 2017 22:47:12
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 4583 Kali

Dalam meningkatkan pemahaman terhadap ajaran Islam di tanah air kita Indonesia, bebagai upaya yang dilakukan oleh generasi ummat Islam. Entah itu dengan melalui pendidikan agama atau akhlak di sekolah-sekolah, ceramah di masjid, atau pun da’wah ke-Islaman yang bayak dilakukan oleh para ustadz dan ustadzah di berbagai tempat, baik secara langsung maupun dengan melalui media eletronik. Tapi bukan hanya itu, da’wah ke-Islaman juga dapat dilakukan dengan melalui seni musik. Kelompok musik religius ternama di tanah air kita adalah Wali, yang mana mereka banyak melakukan da’wah keliling di berbagai daerah dengan melalui lantunan lagu-lagu Islam di depan ummat Islam. Seperti pada MUNAS NU 2017 yang berlangsung di lapangan Masjid Islamic Center, Wali tampil memukau di depan ummat muslim, dengan membawakan lagu-lagu Islam yang bernilai ajaran ke-Islaman.

Keberadaan Wali sebagai kelompok musik religi di tanah air kita Indonesia tentu dapat menjadi panutan bagi generasi muda Islam yang berkecimpung di dunia musik. Dalam arti bahwa tak menutup kemungkinan akan ada generasi pemuda Islam yang akan mengikuti jejak mereka dalam berda’wah lewat musik.

Sebenarnya, berda’wah lewat musik di Pulau Lombok, telah lama bermunculan dan banyak mengundang perhatian masyarakat. Salah satu kelompok musik religi yang kini mulai mengembangkan sayapnya lewat musik religi adalah Kelompok Musik Hadrah yang bernaung di bawah sanggar seni Attaqwin. Sanggar seni Attaqwin didirikan pada bulan Agustus 2013 dan banyak merekrut anak-anak usia sekolah dasar, SLP, maupun SLTA. Kelompok ini melakukan pembinaan mental dan agama kepada anggota-anggatanya serta banyak menggali dan mengembangkan nilai-nilai ajaran agama Islam dengan melalui lantunan ayat-ayat suci alquran dan lagu-lagu religi yang diiringi alat musik trdisional atau rebana.