logoblog

Cari

Tutup Iklan

Penghulu, Ujung Tombak Kementerian Agama

Penghulu, Ujung Tombak Kementerian Agama

Sumbawa Besar_Dalam rangka meningkatkan kompetensi calon penghulu secara profesionalisme terhadap layanan kepada masyarakat, dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa , hari

Sosial & Keagamaan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
12 Januari, 2018 20:28:21
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 1294 Kali

Sumbawa Besar_Dalam rangka meningkatkan kompetensi calon penghulu secara profesionalisme terhadap layanan kepada masyarakat, dilingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa , hari ini dilaksanakan pembinaan terhadap Calon Penghulu yang di laksanakan Jum’at 12/01/2018.

Acara yang dibuka oleh Kepala Seksi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa H.Ahmad Taufik,S.Ag ini mengangkat tema Tingkatkan Kinerja Penghulu Dalam Pelayanan Prima, karena tugas sebagai sebagai Penghulu dalam melayani masyarakat selama 24 jam, karena ini menyangkut persoalan persoalan pernikahan dan bidang keagamaan .

Penghulu adalah Pegawai Pencatat Nikah (PPN) yang mempunyai kedudukan jelas dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia sejak keluarnya Undang-undang Republik Indonesia Nomor 22 tahun 1946 tentang Pencatatan Nikah,Talak dan Rujuk sampai dengan sekarang ini, sebagai satu-satunya pejabat yang berwenang mencatat perkawinan yang dilangsungkan menurut agama Islam dalam wilayahnya. Lanjutnya, berkaitan dengan hal tersebut, melakukan langkah-langkah yang strategis guna meningkatkan kinerja dalam melaksanakan fungsi pelayanan nikah pada masyarakat.

Salah satunya yaitu melakukan pembinaan tentang kompetensi penghulu. Kegiatan ini diikuti oleh 6 orang peserta yang terdiri dari para Calon Penghulu di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa.

Tujuan Penyelenggaraan kegiatan ini adalah untuk membina dan mengarahkan calon penghulu serta meningkatkan kualitas penghulu di lingkungan Kantor Kemenag Kabupaten Sumbawa

 

Baca Juga :


Materi pembinaan kali ini di antaranya Berkaitan dengan Masalah Perkawinan dan Urgensi Penghulu dalam Keabsahan Pernikahan . dengan adanya kegiatan pembinaan kepada Calon Penghulu saat ini, mempunyai harapan agar nantinya setelah menjadi penghulu dapat melaksanakan tugas-dan kewajibannya dengan baik selaku abdi negara dan abdi masyarakat .

Dalam Pemantapan Calon Penghulu masing masing peserta menikuti test kemampuan membaca Khutbah Nikah yang diuji langsung oleh Kasi Bimas Islam H.Ahmad Yaufik,S.Ag dan JFU Bimas Islam H.Joni Sutarman ,LC, .



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan