logoblog

Cari

Tutup Iklan

Bimbingan Manasik Haji Bagi JCH Kota Mataram Berakhir

Bimbingan Manasik Haji Bagi JCH Kota Mataram Berakhir

Bimbingan manasik haji gratis bagi jamaah calon haji kota Mataram berakhir pada hari ini 10 April 2018. Kegiatan yang telah dilaksanakan

Sosial & Keagamaan

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
10 April, 2018 11:01:04
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 2924 Kali

Bimbingan manasik haji gratis bagi jamaah calon haji Kota Mataram berakhir pada hari ini, 10 April 2018. Kegiatan yang telah dilaksanakan selama 9 hari, terhitung mulai 2-10 April tersebut ditutup oleh Pjs Walikota Mataram, H. Mohan Roliskana, S.Sos, MH, di aula lantai 3  Kantor Walikota Mataram, Selasa (10/04).

Kepada sekitar 800 jamaah calon haji yang hadir memenuhi aula, Mohan menyampaikan bahwa rangkaian manasik haji gratis ini bisa dijadikan bekal bagi para jamaah tentang tata cara pelaksanaan ibadah di tanah suci, sekaligus tata cara berinteraksi dengan jamaah yang berasal dari berbagai belahan dunia. 

"Karena ini menyangkut persoalan apa yang akan Bapak dan Ibu temui nanti di sana, jadi setelah semua rangkaian manasik haji selesai dilaksanakan, saya harap Bapak dan Ibu harus banyak bertanya persoalan yang masih belum dipahami atau masih belum jelas," ujar Mohan saat memberikan sambutan.

Mohan mengingatkan para jamaah agar senantiasa bersyukur dan ikhlas dalam menjalankan ibadah, karena tidak semua orang memiliki kesempatan bisa memenuhi panggilan haji tersebut. "Kita harus bersyukur karena masih banyak orang yang merindukan kesempatan berhaji ini," ungkapnya.

Selain itu, jamaah juga diingatkan agar selalu menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur untuk menjaga ketahanan fisik sebelum bertolak ke tanah suci Makkah. "Mulailah dengan managemen waktu yang baik. Masih ada waktu dua bulan lagi untuk mempersiapkan diri, jaga kesehatan, juga silaturrahmi jangan sampai putus. Jaga ikatan emosional sehingga nanti di tanah suci bisa saling membantu, semangat kekeluargaan dan kebersamaan harus tetap dijaga," tutup Mohan mengakhiri sambutan.

Ketua panitia penyelenggara manasik haji H.Mutawalli, MM, dalam laporannya menyampaikan kegiatan manasik haji gratis bagi JCH kota Mataram ini berjalan sangat baik, tingkat kehadiran jamaah di atas 90 persen. "Ini menandakan atensi dan respon jamaah sangat luar biasa, semoga pengetahuannya tentang haji bisa bertambah," tuturnya.

Jumlah jamaah calon haji kota Mataram yang akan berangkat tahun ini meningkat sebanyak 187 orang atau sebanyak 22,3% dari tahun sebelumnya. Di mana, jumlah jamaah haji perempuan lebih banyak dibandingkan laki-laki.

Sebelumnya Manasik haji ini digelar di 5 masjid sesuai domisili jamaah yaitu, Kecamatan Mataram bertempat di Masjid Raudatul Janah, Pagutan; Kecamatan Selaparang di Masjid Al Ikhwan, Pajang Barat; Kecamatan Sekarbele di Masjid Nurul Maula, Karang Pule; Kecamatan Ampenan di Masjid Baitul Salam, Polda NTB; dan Kecamatan Cakranegara serta Sandubaya di Masjid Almutaqin, Cakranegara.(Luk/Ely).


 

 

Baca Juga :




 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan