logoblog

Cari

Tutup Iklan

CJH Berlomba Sumbang Kegiatan Manasik Kota Bima

CJH Berlomba Sumbang Kegiatan Manasik Kota Bima

Kota Bima, KM_Ahad, 18/03/2018, kegiatan pembinaan manasik haji gratis yang diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Bima telah berjalan

Sosial & Keagamaan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
13 Mei, 2018 14:29:42
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 425 Kali

Kota Bima, KM_Ahad, 18/03/2018, kegiatan pembinaan manasik haji gratis yang diselenggarakan oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Bima telah berjalan selama 7 pekan. Sejak dimulai pada Ahad, 04/02/2018 silam, pembinaan manasik haji gratis tersebut rutin dilakukan setiap Ahad pukul 08.00 s.d 11.00 wita di Masjid Terapung Ama Hami Kota Bima NTB.

Kegiatan bertujuan untuk meningkatkan pemahaman manasik haji bagi calon jama’ah Kota Bima tahun 1439 H/2018 M. Tak hanya calon jama’ah haji dari Kota Bima yang mengikuti kegiatan, calon jama’ah haji dari Kabupaten Bima, bahkan dari NTT pun terlihat sangat antusias di antara jama’ah lainnya mendengarkan materi dari para pembimbing manasik haji yang merupakan para pengurus IPHI Kota Bima.

Di samping mendapatkan materi berupa penjelasan terkait manasik haji, calon jama’ah juga melakukan praktik manasik haji. Praktik manasik dibimbing langsung oleh para pembimbing haji dari IPHI Kota Bima, diantaranya HM. Adnin, SQ, M.Pd, HM. Saleh Ismail, Drs. H. Furqan Ar Roka, H. Ahmad, S.Ag, H. Mukhtar, S.Sos, H. Arifin, S.Ag. H. Abdul Latif, S.Pdi, dan H. Amrin Anshari, SH.

Setelah melakukan praktik manasik haji di Taman Ama Hami yang lumayan menguras tenaga karena dilakukan di bawah terik matahari, ada pemandangan yang terlihat biasa, tapi cukup membuat terharu. Calon jama’ah haji terlihat berlomba menyumbangkan konsumsi, seperti: air mineral, kue basah, kue kering, es campur, permen, dan sebagainya. Makanan dan minuman tersebut dibagikan langsung ke seluruh calon jama’ah yang lain.       

 

Baca Juga :


Menanggapi aksi para calon jama’ah haji Kota Bima ini, Drs. H.Furqan Ar Roka, Sekretaris IPHI Kota Bima menjelaskan bahwa kegiatan pembinaan manasik haji diselenggarakan secara gratis. Dikarenakan tidak adanya anggaran, makanya tidak disediakan konsumsi. Aksi para calon jama’ah haji yang menyumbangkan makanan dan minuman tersebut sebagai bentuk solidaritas, saling membantu, tolong-menolong, adanya kepedulian, dan bentuk kerjasama. Dampaknya sangat positif, akan terbentuk keakraban karena adanya saling mengenal antar jama’ah. Apalagi jika terjadi dalam satu regu atau rombongan. Yang seperti ini termasuk tahapan-tahapan untuk mendapatkan haji mabrur. (NR)          



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan