logoblog

Cari

Tutup Iklan

Darwin Hasibuan: Kota Bima Serasa di Kampung Sendiri

Darwin Hasibuan: Kota Bima Serasa di Kampung Sendiri

Kota Bima, KM_Jika mendengar nama Darwin Hasibuan, maka akan langsung teringat di benak kita suara indahnya saat melantunkan ayat-ayat suci al

Sosial & Keagamaan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
13 Mei, 2018 14:41:02
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 3077 Kali

Kota Bima, KM_Jika mendengar nama Darwin Hasibuan, maka akan langsung teringat di benak kita suara indahnya saat melantunkan ayat-ayat suci al Qur’an. Qori’ yang satu ini sedang ramai diperbincangkan saat ini. Acap kali sering diundang keliling Indonesia bahkan ke luar negeri untuk menghadiri MTQ maupun undangan kegiatan haflah tilawatil qur’an.   

Al Ustadz H. Darwin Hasibuan, S.Pdi merupakan salah satu qori’ internasional asal Medan. Darwin Hasibuan datang ke Kota Bima atas undangan Pemerintah Kota Bima melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Bima untuk mengisi kegiatan Malam Haflah Tilawatil Qur’an dalam rangka HUT Kota Bima yang ke-16. Kegiatan Haflah Tilawatil Qur’an dalam rangka HUT Kota Bima dimulai sejak tahun 2011 silam dan  qori’ yang pertama kali diundang saat itu adalah Darwin Hasibuan.

Darwin Hasibuan kerap diundang oleh Pemerintah Kota Bima pada kegiatan yang sama. Pada tahun 2012 dan tahun 2014, Darwin Hasibuan kembali diundang untuk menghadiri haflah tilawatil qur’an. Di tahun 2015, kembali ke Kota Bima untuk menghadiri MTQ tingkat Provinsi NTB yang dihelat di Kota Bima. Selanjutnya, tahun ini kembali diundang oleh Pemerintah Kota Bima. Sehingga tahun 2018 ini merupakan ke 5 kalinya qori’ internasional ini menginjak kakinya di Kota Bima. Tak mengherankan, Darwin Hasibuan sudah menganggap Kota Bima serasa di kampung halamannya sendiri.    

“Alhamdulillah, ini kunjungan yang ke-5 kali, 4 kali dalam rangka haflah tilawatil qur’an dalam rangka HUT Kota Bima, satu kali pada saat MTQ Provinsi NTB yang diadakan di Kota Bima. Saya berada di Kota Bima seperti berada di kampung sendiri dan seperti bersama keluarga sendiri. Saya merasa senang sekali, apalagi penyambutan masyarakat Bima sangat antusias. Kota Bima selalu saya rindukan, baik datang untuk menghadiri haflah maupun untuk kesempatan lain. Bagaimana cara agar masyarakat dapat mencintai al-Qur’an? Salah satunya adalah dengan sering mengadakan kegiatan haflah seperti ini. Nanti akan muncul generasi yang mencintai al-Qur’an. Dengan suasana haflah al Qur’an dapat memunculkan qori’/qori’ah yang berprestasi. Apalagi Kota Bima telah memiliki qori’ Internasional yang sudah berhasil meraih juara terbaik pada MTQ Internasional di Bangkok Thailand. Dengan adanya qori’ Internasional di Bima dapat mengadakan kegiatan haflah sendiri, di samping mendatangkan qori’ Internasional maupun nasional dari luar kota Bima. Insya Allah, jika kembali diundang untuk menghadiri kegiatan haflah, mudah-mudahan saya bisa hadir di Kota Bima ini lagi. Saya sering sampaikan di mana-mana bahwa Kota Bima adalah kota yang patut dicontoh oleh kota-kota lainnya. Setiap pelaksanaan HUT Kota Bima selalu mengadakan kegiatan haflah tilawatil qur’an. Sedangkan di kota lain di saat perayaan HUT kota, kerap mengadakan kegiatan-kegiatan yang kurang positif”, ungkapnya saat ditemui oleh wartawan media ini di lokasi kegiatan.        

 

Baca Juga :


Darwin Hasibuan merupakan Qori’ Indonesia kelahiran Medan Sumatera Utara.  Berhasil meraih 3 (tiga) kali juara Internasional, yakni Juara terbaik 1 MTQ Internasional New Delhi India pada tahun 2003, Juara terbaik 1 MTQ Internasional Antar Bangsa di Kuala Lumpur Malaysia pada tahun 2007, dan Juara terbaik 2 MTQ Internasional di Teheran Iran pada tahun 2011. Untuk MTQ Nasional, 5 (lima) kali Juara terbaik 1 untuk Golongan Remaja, Golongan Dewasa, dan Golongan Qira’at Sab’ah.

Kegiatan yang merupakan agenda tahunan saat peringatan HUT Kota Bima ini dilaksanakan selama 3 hari berturut-turut yakni: Rabu, 04/04/2018 di Halaman Kantor Walikota Bima, Kamis, 05/04/2018 di Lapangan Pahlawan Raba Kota Bima, dan Jum’at, 06/04/2018 di Lapangan Serasuba Kota Bima. (NR)



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan