logoblog

Cari

Tutup Iklan

Tugasku Adalah Ibadahku

Tugasku Adalah Ibadahku

Mataram, KM_Musim haji tahun 1439 H/2018 M telah usai. Berbagai inovasi telah dilakukan Kementerian Agama RI sebagai upaya untuk memberikan pelayanan

Sosial & Keagamaan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
02 Oktober, 2018 12:31:52
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 1700 Kali

Mataram, KM_Musim haji tahun 1439 H/2018 M telah usai. Berbagai inovasi telah dilakukan Kementerian Agama RI sebagai upaya untuk memberikan pelayanan terbaik untuk Jama’ah Haji Indonesia. Pasalnya, Kementerian Agama RI menargetkan kepuasan pelayanan Jama’ah Haji tahun 2018 mencapai 85 persen.

Kinerja para petugas haji Indonesia turut menyumbang Indeks Kepuasan Jama’ah Haji. Petugas haji Indonesia terbagi dua, yakni: petugas kloter (kelompok terbang) dan petugas nonkloter. Petugas kloter adalah petugas yang akan menyertai jamaah haji dan petugas nonkloter adalah petugas yang tidak menyertai jamaah haji. Petugas kloter terdiri dari Tim Pemandu Haji Indonesia (TPIH), Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI), dan Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI).

Petugas haji nonkloter atau Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi tahun 2018 berjumlah 780 orang dengan rincian 478 orang utusan Kemenag, TNI/Polri dan instansi lainnya, dan sebanyak 302 orang petugas layanan kesehatan dari Kemenkes. Petugas PPIH tersebar pada 2 daerah kerja (Daker), yakni Daker Makkah dan Daker Madinah. Adapun Daker Makkah terdapat 12 sektor yang tersebar di tujuh wilayah, yaitu: Syisyah, Raudhah, Mahbas Jin, Aziziah, Rei Bakhsy, Misfalah, dan Jarwal. Sementara Daker Madinah terdapat 6 sektor pada 3 wilayah yang seluruhnya berada di wilayah Markaziah sekitar Masjid Nabawi, yaitu: Markaziah Gharbiah, Markaziah Syimallah, dan Markaziah Janubiah. 

Sektor yang terdekat dari Masjidil Haram adalah Rei Bakhsy berjarak 708-1.911 meter. Sektor 8 Makkah wilayah Rei Bakhsy merupakan wilayah baru yang pertama kali dioperasikan/digunakan pada musim haji tahun 1439 H/2018 M. Ketua Sektor 8 Rey Bakhsy, H.M. Ali Fikri, S.Ag, MM menyatakan, dengan adanya sektor baru yang berada di wilayah Rey Bakhsy diharapkan dapat menyumbang Indeks Kepuasan Jama’ah Haji.    

Sektor 8 yang berada di wilayah Rey Bakhsy merupakan wilayah baru, sehingga diharapkan dengan adanya wilayah baru ini dapat menyumbangkan Indeks Kepuasan Jama’ah Haji yang ditargetkan pemerintah Indonesia sebesar 85 persen”, ungkap  Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. NTB ini.

Kekuatan personil Sektor 8 Makkah Rey Bakhsy berjumlah 69 orang, terdiri dari Kepala Sektor, Sekretaris Sektor, Perlindungan Jama’ah, Konsultan Ibadah, Pelaksana Bimbingan Ibadah dan Pengawasan KBIH, Administrasi dan Siskohat (Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu), Tim P3JH (Pertolongan Pertama pada Jama’ah Haji), Pelaksana Transportasi, Pelayanan Katering, Pelaksana Pelayanan Perumahan dan Penempatan, TGC (Tim Gerak Cepat), Korwil Perumahan, Pelayanan Penghubung Maktab, Pengemudi, Pelayanan Transportasi, Pelayanan Umum, Pelayanan Katering, Pelayanan Perumahan, dan Pengemudi Ambulance.

Sektor 8 Makkah Rey Bakhsy menampung 12.229 jama’ah yang berasal dari 10 embarkasi, tersebar dalam 30 kloter dan ditempatkan pada 13 pemondokan.

Tentunya kami akan siap melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sesuai dengan motto kami, Tugasku adalah Ibadahku. Harapannya mudah-mudahan semua bisa berjalan dengan baik. Kami bisa menjalankan tugas dengan semaksimal mungkin dan seluruh Jama’ah Haji tahun ini mendapatkan predikat haji mabrur”, harap Ali Fikri.

 

Baca Juga :


Para petugas PPIH bertugas melakukan pengecekan transportasi, akomodasi, berbagai fasilitas, serta katering yang menggunakan cita rasa Indonesia. Penggunaan cita rasa Indonesia adalah salah satu inovasi penyelenggaraan ibadah haji tahun 1439 H/2018 M. Penggunaan bumbu masakan dan juru masak (chef) asal Indonesia. Selain untuk menjaga cita rasa khas kuliner Indonesia.     

Kami langsung melakukan pengecekan transportasi, akomodasi, melihat secara langsung berbagai fasilitas untuk Jama’ah Haji, mulai dari pengecekan kamar tidur, toilet, sirkulasi udara, dan ketersediaan air zam-zam pada setiap kamar di hotel. Masing-masing Jama’ah Haji berhak mendapatkan 5 liter air zam-zam yang sudah disediakan di dalam kamar. Kami juga melakukan pengecekan pada katering di masing-masing restoran seperti: kualitas makanan, kesesuaian menu, porsi, dan cita rasa Indonesia. Tahun ini katering menggunakan selera nusantara”, Ali Fikri melanjutkan.   

Sebagai Ketua Sektor, Ali Fikri memberikan apresiasi yang luar biasa terhadap kinerja timnya yang begitu solid. Tim Sektor 8 Makkah Rey Bakhsy telah melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin hingga pelaksanaan melayani Jama’ah Haji Sektor 8 berakhir pada 16 September 2018.    

Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah SWT karena telah memberikan kesehatan selama bertugas. Saya bersama tim bisa melaksanakan tugas hingga akhir pelaksanaan melayani Jama’ah Haji di sektor 8. Saya sebagai Ketua Sektor sangat mengapresiasi tim yang sudah solid dan telah melaksanakan tugas dengan semaksimal mungkin. Tentu dengan mengusung motto, Tugasku adalah Ibadahku. Semoga tercatat sebagai amal ibadah. Dengan kerendahan hati, saya pribadi memohon maaf kepada teman-teman petugas di sektor 8 apabila ada kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja di saat sedang berinteraksi. Saya juga mengucapkan terima kasih atas kerjasamanya”, tutupnya. (NR)

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan