logoblog

Cari

Tutup Iklan

Fasilitator Harus Pahami Kebutuhan Dasar Anak

Fasilitator Harus Pahami Kebutuhan Dasar Anak

Sebanyak 120 fasilitator anak asal KLU mendapat pelatihan peningkatan kapasitas sebagai fasilitator. Kegiatan yang digelar HILMI FPI berlangsung sejak tanggal 15

Sosial & Keagamaan

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
22 Oktober, 2018 07:41:16
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 867 Kali

Sebanyak 120 fasilitator anak asal KLU mendapat pelatihan peningkatan kapasitas sebagai fasilitator. Kegiatan yang digelar HILMI FPI berlangsung sejak tanggal 15 Oktober lalu dan resmi ditutup Sabtu (20/10) kemarin di Vila Ayla, Lombok Barat.

Program yang bertajuk "One Day Private Class Training Fasilitator Anak" merupakan bagian dari upaya melahirkan fasilitator yang akan bertugas melakukan pendampingan terhadap anak korban gempa Lombok.

Dalam praktiknya, kegiatan ini tak saja memberikan teori namun juga praktik langsung sebagai fasilitator. Mereka para peserta fasilitator kemudian bergabung dalam Komunitas Fasilitator Anak-Lombok atau KOMFAS Anak Lombok.

Fasilitator kegiatan training Arief Septia Prayudha, menjelaskan banyak aspek yang penting diketahui dan dilaksanakan para fasilitator anak. Di antaranya ialah hak-hak dasar anak.

Bagi fasilitator anak, mereka harus punya kemampuan komprehensif tentang hak dasar seorang anak. Seperti hak untuk sekolah, hak bertanya, mendapat kesempatan, kesetaraan dengan anak yang lain. Sehingga dalam praktiknya nanti, fasilitator tidak boleh membeda-bedakan anak satu dengan anak yang lain.

 

Baca Juga :


Lebih jauh dikatakan Yudha, saat berada di lapangan, fasilitator tidak boleh diskriminatif terhadap anak. Semua harus diperlakukan sama. Jangan karena anak pejabat lalu diperlakukan beda. Di samping itu yang juga penting ialah perspektif terhadap perlindungan anak. Ke 120 Fasilitator anak dapat menjadi komunikator, fasilitator, inspirator, dan motivator kebaikan bagi kepentingan terbaik bagi anak dan perlindungan Hak Anak.

Pada akhir acara ketua HILMI FPI NTB, Haikal dalam sambutan penutupan mengingatkan peran penting fasilitator anak saat melakukan pendampingan. Banyak aspek yang harus diperhatikan.

Haikal berharap agar seluruh fasilitator yang mengikuti kegiatan dapat membuat rencana tindak lanjut di tempat asal masing-masing peserta. Dengan harapan transformasi ilmu berlangsung ke tengah masyarakat.(*)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan