logoblog

Cari

Tutup Iklan

Unram Gandeng Masyarakat Hunian Perkotaan Sadar Lingkungan

Unram Gandeng Masyarakat Hunian Perkotaan Sadar Lingkungan

Prodi Sosiologi mengajak warga perumahan subsidi Dasan Geria Sejahtera (DGS) untuk sadar terhadap lingkungan. Ajakan ini tertuang dalam program pengabdian kepada

Sosial & Keagamaan

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
23 Oktober, 2018 11:50:23
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 2176 Kali

Prodi Sosiologi mengajak warga perumahan subsidi Dasan Geria Sejahtera (DGS) untuk sadar terhadap lingkungan. Ajakan ini tertuang dalam program pengabdian kepada masyarakat prodi Sosiologi dengan tema “Pemberdayaan Hunian Perkotaan melalui Role Models Urban Farming untuk Penguatan Ketahanan Pangan” dan Penguatan Volunterisme dalam Gerakan Sosial Sadar Lingkungan”.

Kegiatan ini dilatarbelakangi oleh keprihatinan warga terhadap kondisi perumahan subsidi DGS yang panas dan gersang tanpa naungan pohon peneduh. 
Warga Perumahan Subsidi DGS sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut.

Kegiatan dilaksanakan selama dua hari dengan sasaran orang dewasa hingga anak-anak. Rangkaian kegiatan meliputi pembersihan komplek perumahan, penghijauan, penanaman tanaman pangan, sosialisasi, dan workshop pemanfaatan botol bekas sebagai media prakarya khusus untuk anak-anak.

Pelaksana tim pengabdian, Ika Wijayanti dan Solikatun dalam sosialisasinya mendorong warga untuk lebih aktif dan peduli terhadap lingkungan terutama terhadap ketahanan pangan keluarga di wilayah perkotaan. Ketahanan dan keamanan pangan sekarang ini menjadi isu penting masyarakat dunia sejalan dengan pesatnya pertumbuhan populasi manusia.

 

Baca Juga :


Senada dengan hal tersebut, Kades Dasan Geria, meyatakan bahwa Dasan Geria memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan untuk menunjang ketahanan pangan dan pariwisata. Hal ini terlihat dari lingkungan fisik dan sumber daya lokal yang dimiliki Dasan Geria yaitu tanah yang subur, sistem irigasi yang baik, serta pemandangan alam yang indah.

Warga perum DGS bercita-cita ingin menjadikan hunian percontohan (role models) yang dapat menciptakan ketahanan pangan dalam keterbatasan lahan. Program ini diharapkan terus berkelanjutan agar ketahanan pangan di dapat dicapai secara mandiri oleh masing-masing rumah tangga di perum DGS. Hal ini sangat mungkin tercapai karena modal sosial yang dimiliki oleh warga perum DGS telah menjadi pondasi dalam setiap kegiatan sosial yang dilakukan. (*)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan