logoblog

Cari

Tradisi Tilawah Bangun Negeri Qur’ani

 Tradisi Tilawah Bangun Negeri Qur’ani

Kegiatan Olimpiade Pecinta Qur’an (OPQ) kembali digelar untuk kedua kalinya oleh Komunitas One Day One Juz (ODOJ). Setelah sebelumnya kegiatan ini

Sosial & Keagamaan

Ela Qadr
Oleh Ela Qadr
15 November, 2018 13:05:28
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 5117 Kali

Kegiatan Olimpiade Pecinta Qur’an (OPQ) kembali digelar untuk kedua kalinya oleh Komunitas One Day One Juz (ODOJ). Setelah sebelumnya kegiatan ini diselenggarakan di Provinsi Jawa Barat, kali ini Lombok, Nusa Tenggara Barat berkesempatan untuk menjadi tuan rumah.

Kegiatan yang direncanakan berlangsung pada 15-18 November 2018 ini diikuti oleh 155 peserta yang berasal dari 22 Provinsi di Indonesia serta sejumlah peserta dari Mesir. Beberapa di antaranya dari Provinsi Jawa Timur, Jawa Barat, Jakarta, Sulawesi Tengah, Banten, dan lain sebagainya. Adapun bidang lomba yang diselenggarakan berupa Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ), Musabaqah Hifzhil Qur'an (MHQ) dan Tafsir Qur'an (TQ).

Bertajuk “Tradisikan Tilawah Bangun Negeri Qur’ani”, Olimpiade Pecinta Qur’an 2 (OPQ 2) menggelar acara pembukaan pada Kamis, 15 November 2018 di Islamic Centre Mataram. Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Ust. Lalu Pujo Basuki yang merupakan Ketua Pengprov ODOJ NTB dan Ust. Bakat Setiaji selaku Ketua Umum ODOJ Nasional. Sekaligus memberikan sambutan bersama Ust. Ahyar Rosyidi selaku Ketua Pelaksana OPQ 2 dan Sekretaris Daerah Provinsi NTB, Ir. H. Rosiady Husaenie Sayuti, M. Sc, P.Hd.

Kegiatan pembukaan OPQ 2 menampilkan grup marawis dan teater dengan judul “Lombok Bangkit Bersama Al-Qur’an”. Selain itu, rangkaian kegiatan juga berupa penayangan Video OPQ 2 dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars ODOJ, dan Mars OPQ 2. Setelah resmi dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi NTB, acara kemudian dilanjutkan dengan pelantikan Dewan Hakam dan penyerahan simbolik cendera mata. Acara kemudian ditutup dengan persembahan hiburan dan foto bersama.

 

Baca Juga :


“Peserta dari Jawa Barat berjumlah delapan orang, yakni enam orang ikhwan, dua orang akhwat. Ada yang sudah juara Nasional, ada juga yang baru pertama kali mengikuti OPQ. Kami sangat excited. Acara pembukaanya juga cukup bagus dan keren,” komentar Ferdian Taufik, Pembina kontingen Jawa Barat.

Melalui kegiatan ini, ia berharap masyarakat bisa lebih membaca Alqur’an setiap hari dengan One Day One Juz. Tidak hanya One  Day One Juz, tapi juga mengaji setengah halaman, One Day One Juz untuk anak-anak, serta tiada hari tanpa mengaji. Sehingga ke depannya dapat membumikan di Indonesia pada umumnya dan di Lombok pada khususnya. (ela)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan