logoblog

Cari

Inklusif Dan Berkeadilan Bagi Penyandang Disabilitas

Inklusif Dan Berkeadilan Bagi Penyandang Disabilitas

Sumbawa Barat. Diskominfo - Manusia yang baik bukan manusia yang gagah dan sempurna tetapi manusia yang baik adalah manusia yang bertaqwa

Sosial & Keagamaan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
05 Desember, 2018 17:05:27
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 2499 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Manusia yang baik bukan manusia yang gagah dan sempurna tetapi manusia yang baik adalah manusia yang bertaqwa kepada Allah SWT. Bertaqwa itu adalah mensyukuri apa yang dimiliki dan berusaha menjalani dengan ikhlas. Ucap Bupati Sumbawa Barat, Dr. Ir. H. W Musyafirin, M.M., memberi semangat kepada para penyandang Disabilitas pada acara peringatan Hari Disabilitas Internasional yang diadakan oleh Dinas Sosial Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) di Taman Tiangnam, Rabu (5/12).

 

Hadir pada acara, Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin, S.T., Sekretaris Daerah, H. A. Azis, S.H., M.H., Dandim 1628/Sumbawa Barat, Letkol Czi Eddy Oswaronto, S.T., Wakapolres KSB, Kompol. Teuku Ardiansyah, S.H., sejumlah kepala OPD, Ketua Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia Provinsi NTB, Sambarnas dan sekitar 250 orang penyandang Disabilitas se-KSB.

 

Pada sambutan singkatnya Ketua Himpunan Wanita Disabilitas Provinsi NTB, Sri Sukarni yang juga penyandang Disabilitas mengatakan, satu hal yang selalu ditanamkan dalam dirinya adalah rasa bangga yang luar biasa walaupun menjadi seorang penyendang Disabilitas. "Saya bangga menjadi penyandang Disabilitas, jika saya tidak menyandang Disabilitas pasti saya tidak akan ketemu dengan Bupati KSB dan jajarannya, tidak bisa ketemu orang-orang penting yang mungkin orang lain jarang bisa melakukannya." Ungkapnya.

 

Penyandang Disabilitas itu, lanjut Sri, tidak boleh menyerah, kita adalah bagian dari masyarakat. Jika kita menghina Disabilitas maka kita sama dengan menghina Sang Pencipta. Penyandang Disabilitas bukan aib dan kutukan, penyandang disabilitas harus semangat dan bermotivasi tinggi. Sri berharap kepada pemerintah agar terus meningkatkan perhatian dan pelayanan kepada penyandang Disabilitas.

 

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Bupati KSB mengapresiasi Kepala Dinas Sosial beserta jajarannya atas suksesnya kegiatan ini. Menurut Bupati, tema yang dipilih adalah inklusif, adil dan berkeadilan menjadi sesuatu yang sangat relevan atau berkaitan ketika kita dihadapkan dengan persoalan Disabilitas.

 

 

Baca Juga :


Dari sisi pelayanan publik, kata Bupati, dari awal jabatannya pemerintah telah menyediakan dan memberikan hak-hak kebutuhan dasar para penyandang Disabilitas di KSB berupa bantuan non tunai sebanyak Rp250 ribu perbulan, bantuan tersebut telah berjalan hampir lebih dari 2,5 tahun. Pada sisi pembangunan infrastruktur juga pemerintah KSB telah menciptakan aksesibiltas bagi para penyandang Disabilitas, beberapa fasilitas umum sudah dilengkapi dengan akses untuk penyandang Disabilitas seperti di taman Tiangnam, Masjid Agung, gedung Graha Praja dan Graha Fitrah.

 

"Saya minta kepada kita semua yang non Disabilitas untuk memberikan ruang kepada para penyandang Disabilitas, inklusi bukan saja pelayanan spesial tetapi bagaimana kita memberikan ruang kepada mereka." Tutur Bupati. Disabilitas ini adalah bagian dari keragaman, tambah Bupati, tidak ada keindahan tanpa keberagaman dan ini menjadi tanggung jawab semua untuk memberikan ruang secara inklusi, pendekatan-pendekatan lain seperti pemberdayaan dan pelatihan.

 

Inklusi adalah sebuah pendekatan untuk membangun kesetaraan pada suatu lingkungan yang memberikan akses kepada penyandang Disabilitas. Para penyandang Disabilitas juga butuh perlakuan dan penerimaan masyarakat atas keberadaan mereka, ini menjadi moment penting.

 

Dari permasalahan yang dihadapi oleh Disabilitas, Menurut Bupati, jalan keluar dari masalah tersebut adalah dari mereka, oleh karenanya Organisasi yang menaungi penyandang Disabilitas ini bisa dimanfaatkan untuk bisa mendapatkan informasi sehingga langkah-langkah yang akan diambil oleh pemerintah nantinya menjadi solusi komprehensif untuk menangani penyandang Disabilitas sehingga keluar dari masalah yang sesungguhnya. (Feryal/Tifa)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan