logoblog

Cari

Pemuda Muhammadiyah Selaparan Gelar Kajian Ramadhan

Pemuda Muhammadiyah Selaparan Gelar Kajian Ramadhan

Untuk memperat tali silaturahmi dan meningkatkan kualitas pemahaman terkait keislaman, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) kota Mataram beserta Pimpinan Cabang Pemuda

Sosial & Keagamaan

KM SANGAJI MBOJO
Oleh KM SANGAJI MBOJO
19 Mei, 2019 09:48:14
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 1020 Kali

Untuk memperat tali silaturahmi dan meningkatkan kualitas pemahaman terkait keislaman, Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) kota Mataram beserta Pimpinan Cabang Pemuda Muhammadiyah (PC PM) se-Kota Mataram mengelar kajian ramadhan.

Kajian ramadhan yang menghadirkan akademisi Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, Dr. Malik, M. Pd tersebut digelar di rumah makan Rajang Saretan jalan Lingkar Mataram, 18/05/19.

Kajian ramadhan tersebut, diinisiasi oleh PC PM Selaparang Mataram. Dr. Malik sebagai pemateri dalam kajian ramadhan tersebut mengupas tema terkait cita-cita profetik dan kesolehan sosial. Dr. Malik mencoba menguraikan ciri-ciri profetik yang bersumber dari al-Quran dan hadis dengan kondisi kekinian. 

"Walaupun istilah profetik tersebut dimunculkan oleh Kuntowijoyo, namun semua itu bersumber dari Ilahiah (Al-Quran dan hadis)," ungkap Dr. Malik dihadapan peserta kajian ramadhan tersebut. 
Kita (Islam.pen) hari ini, lanjut nya, selalu mengangung-agungkan konsep Barat yang bebas nilai. Menurut nya bahwa Barat itu memiliki konsep tentang Ilmu untuk ilmu, sedangkan Islam memiliki konsep Ilmu untuk nilai (norma).

 

Baca Juga :


Menanggapi hal itu, peserta kajian, Taufan juga menjelaskan tentang produk hukum yang selama ini dipakai oleh orang Indonesia. Menurut nya bahwa produk yang dipakai oleh orang Indonesia hari ini adalah hasil dari produk Belanda. Untuk itu, wajar saja hukum di Indonesia ini tidak sesuai dengan karakter masyarakat Indonesia.

Diakhir kajian, ketua PC PM Selaparan Mataram, Syahrul, Mataram. Pd menjelaskan terkait tujuan diadakannya kajian ramadhan tersebut. Menurut nya bahwa kajian ramadhan tersebut diadakan untuk meningkatkan pemahaman keislaman di Internal Pemuda Muhammadiyah sekaligus mempererat tali silaturahmi antar sesama kader pemuda muhammadiyah khusus pemuda Muhammadiyah se Kota Mataram.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan