logoblog

Cari

Baznas Buka Lima Post Penyaluran Zakat

Baznas Buka Lima Post Penyaluran Zakat

Sumbawa Barat. Diskominfo - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan memaksimalkan pendistribusian Zakat Fitrah kepada yang berhak

Sosial & Keagamaan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
21 Mei, 2019 12:57:49
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 1734 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan memaksimalkan pendistribusian Zakat Fitrah kepada yang berhak menerimanya di setiap Desa dan Kelurahan se-KSB. Untuk memaksimalkan hal tersebut BAZNAS membuka post-post di beberapa titik agar warga khusunya sekolah-sekolah dapat menyerahkan  Zakat dengan mudah.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua BAZNAS, H. M Jafar Yusuf saat ditemui di ruang kerjanya, Masjid Agung Darussalam Kompleks Kemutar Telu Center Taliwang-KSB, Selasa (21/5/2019). “Saat ini kami telah membuka lima post penerimaan dan penyaluran Zakat bagi masyarakat dan sekolah agar prosesnya cepat dan mudah diakses,” Katanya.

Untuk Zakat Fitrah, BAZNAS hanya menargetkan yang bersumber dari seluruh sekolah yang ada di KSB, sementara Zakat dari masyarakat umum tidak, hal tersebut karena kebiasaan masyarakat yang menyerahkan Zakat kepada Masjid di sekitar lingkungannya. Besaran zakat fitrah yang harus dikeluarkan oleh masing-masing orang adalah 2,5 Kg beras kualitas standar atau Rp25 ribu.

“Tahun 2018 lalu Zakat dari sekolah yang terkumpul sekitar satu ton lebih, kemungkinan akan bertambah tahun ini,” ungkap H. Jafar.

Zakat yang terkumpul akan disalurkan kepada orang-orang yang berhak menerimanya yaitu Fakir, Miskin, Mualaf, Fisabilillah, Ibnu Sabil, Amil Zakat. Penyaluran tersebut sesuai dengan data yang terlebih dahulu telah dihimpun oleh BAZNAS dari Desa. “Setiap Desa akan menerima sesuai dengan data yang diserahkan ke BAZNAS, ada yang mendapatkan 100 paket Zakat bahkan ada juga yang sampai 200 paket per desa,” jelas H. Jafar.

Proses distribusi Zakat akan langsung diserahkan ke pihak Desa melalui post-post yang sudah ditentukan tadi. Penerimaan Zakat Fitrah Oleh BAZNAS hanya sampai tanggal 27 Mei , karena BAZNAS akan menyalurkan Zakat pada tanggal 27 sampai 30 Mei 2019 mendatang.

 

Baca Juga :


“Penyaluran Zakat ini lebih cepat karena pemerintah menetapkan liburan pada tanggal 30 Mei, BAZNAS juga libur mulai tanggal 30 Mei,” katanya.

Tetapi jika ada masyarakat yang ingin berzakat setelah tanggal 30 Mei melalui BAZNAS, BAZNAS telah menyediakan tempat di lantai I Masjid Agung Darussalam dan dikoordinatori oleh pengurus Masjid.

Target Zakat BAZNAS tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya, jika tahun sebelumnya target Zakat Mal dan Zakat Fitrah sebesar Rp4 Milyar, maka pada tahun ini BAZNAS menargetkan Zakat sebesar  Rp5 Milyar. (feryal/tifa)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan