logoblog

Cari

Bimbingan Kelompok Manasik Haji Kota Bima

Bimbingan Kelompok Manasik Haji Kota Bima

Kota Bima, KM. Kantor Kementerian Agama Kota Bima mengadakan kegiatan Bimbingan Kelompok Manasik Haji. Kegiatan ini merupakan kegiatan bimbingan manasik haji

Sosial & Keagamaan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
17 Juni, 2019 14:50:54
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 527 Kali

Kota Bima, KM. Kantor Kementerian Agama Kota Bima mengadakan kegiatan Bimbingan Kelompok Manasik Haji. Kegiatan ini merupakan kegiatan bimbingan manasik haji yang merupakan kewajiban dari pihak Kementerian Agama (Kemenag) sebagai instansi yang menangani penyelenggaraan ibadah haji.

Kegiatan Bimbingan Kelompok Manasik Haji akan dilaksanakan secara dua tahap, di tingkat kecamatan (KUA) dan di tingkat kota Bima. Bimbingan Kelompok Manasik Haji tingkat kecamatan dilaksanakan sebanyak 8 kali, 17/06 – 24/06/2019,  dengan perincian 3 kali teori (17 – 19/06/2019), dan 5 kali praktik (20 – 24/06/2019). Praktik manasik akan diikuti oleh seluruh calon jema’ah haji dari 5 kecamatan yang dilaksanakan di Asi Mbojo. Selanjutnya ada 2 kali pembinaan tingkat Kota Bima yang rencananya pada 29 – 30/06 dan akan dilaksanakan di halaman Kantor Kemenag Kota Bima. Totalnya menjadi 10 kali pertemuan, dengan 30 persen teori dan 70 persen praktik.   

Ada 3 lokasi bimbingan manasik haji, yakni: Kecamatan Raba  di Hotel Tambora, Kecamatan Rasanae Barat dan Kecamatan Asakota di MAN 2 Kota Bima, dan Kecamatan Rasanae Timur dan Kecamatan Mpunda di SMAN 4 Kota Bima.

Calon jema’ah haji kota Bima berasal dari 5 kecamatan, yaitu:  Rasanae Timur: 31 orang, Raba: 59 orang, Mpunda: 48 orang, Rasanae Barat: 49 orang, dan Asakota: 16 orang.  

Adapun tingkat kecamatan Rasanae Barat dan Kecamatan Asakota dilaksanakan di MAN 2 Kota Bima. Kepala KUA Rasanae Barat, Saukany, S.Ag menjelaskan, ada 8 orang pemateri, yakni: HM. Adnin, SQ, M.Pd, H. Eka Iskandar Z, M.Si, Drs. H. Ramli Ahmad, M.Ap, Dr. H. Arif Budiman, Drs. H.A. Munir, H. Asgar, H. M. Syafi’i, S.Pd, dan H. Ahmad, S.Ag.       

Senin, 17/06 dengan narasumber: HM. Adnin, SQ, M.Pd (Bimbingan Manasik Haji/Umrah), H. Eka Iskandar Z, M.Si (Hak dan Kewajiban Jema’ah Haji), serta Drs. H. Ramli Ahmad, M.Ap (Hikmah Haji dan Pelestarian Haji Mabrur serta Do’a Thawaf Wada’).

 

Baca Juga :


Selasa, 18/06 dengan narasumber: Dr. H. Arif Budiman (Bimbingan Kesehatan Jema’ah Haji), Drs. H.A. Munir (Kebijakan Pemerintah Dalam Penyelenggaraan Ibadah Haji). Hari terakhir, Rabu, 19/06 dengan narasumber: H. Asgar (Akhlak Jema’ah Haji, Budaya Arab Saudi, dan Visualisasi serta Permasalahan Ibadah Haji), H. M. Syafi’i, S.Pd (Proses Perjalanan Ibadah Haji dan Kegiatan selama di Pesawat), dan H. Ahmad, S.Ag (Pelaksanaan Sholat Arba’in dan Ziarah).

Keterangan Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H. Furqan Ar Roka menjelaskan, bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan. Furqan memaparkan tujuan diadakan bimbingan kelompok manasik haji adalah untuk meningkatkan pemahaman manasik haji bagi calon Jama’ah Haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.  (NR)

 



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@gmail.com, rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan