logoblog

Cari

Panitia Gelar Seleksi Terune Dedare Musim Kembalit

Panitia Gelar Seleksi Terune Dedare Musim Kembalit

Dikecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur sedang ramai-ramainya dengan Gawe Bleq yang bertajuk Gawe Musim Kemablit. Acara yang peratama kali diselenggarkan di

Sosial & Keagamaan

Efoel Avicenna
Oleh Efoel Avicenna
29 Juli, 2019 00:25:08
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 7565 Kali

Dikecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur sedang ramai-ramainya dengan Gawe Bleq yang bertajuk Gawe Musim Kemablit. Acara yang peratama kali diselenggarkan di Kecamatan Sakra ini digagas oleh kumpulan Pemuda desa-desa sekecamatan Sakra. Acara Gawe Musim Kembalit ini direspon positif oleh masyarakat diwilayah kecamatan Sakra terutama oleh Lalu Putra, S.Sos., M.Ap selaku Camat Sakra. Untuk memeriahkan acara panitia gawe musim kembalit sudah mulai menggelar beberapa kegiatan guna mematangkan pelakasanaanya yang puncak acaranya akan dilakasankan pada tanggal 24 Agustus 2019. 

Salah satu kegaiatan yang digelar dua hari ini adalah pemilihan terune dedare musim kembalit. Terune dedare musim kembalit ini akan menjadi ikon kecamatan Sakra. Seperti yang di ungkapkan oleh Lalu Idham Akbar selaku koordinator pemilihan musim kemablit, Lalu Idham Akbar mengungkapkan “Terune dedare musim kembalit ini adalah satu rangkaian acara dri kegiatan kami selaku panitia, pemilihan terune dedare ini diharapkan sebgai tempat menggali potensi terune dedare khususnya yang berda diwilayah kecamatan Sakra karena tidak menutup kemungkinan banyak potensi dan talenta yang dimiliki oleh terune dedare sakra tentu pada acara ini yang kami sangat inginkan adalah terune dedare yang berkarakter budaya lokal dan hasil seleksi nanti akan menjadi ikon dalam acara ini”. 
Pemilihan terune dedare musim kembalit ini tidak hanya diminati oleh terune dedare atau muda mudi sakra saja tapi juga diminati oleh terune dedare yang berada dilaur kecamatan sakra “pemiliahn terune dedare ini tidak hanya diminati oleh orang lokal kecamatan sakra saja namunpeserta teruna dedare ini juga berasal dari luar kecamatan Sakra seperti Kecamatan Labuan Haji, Kecamatan Masbagek, sampai pesertanya ini ada yang dari kota Mataram” ungkap Lalu Idham Akbar kooordinator pemilihan musim kemablit 2019.
Ketua panitia gawe musim kembalit Lalu Hidayat Suriya berharap bahwa “dengan digelarnya pemilihan terune dedare musim kembalit maka ada ikon sakra yang mungkin bisa mewakili nanti diajang pemilihan terune dedare atau putra putri ditingkat local dan nasional, selain itu juga sebagai ikon terune dedare dikecamatan Sakra khususnya, juga bisa menjadi salah satu bagian dari bagaimana cara kita memasarkan kebaradaan kita selaku terune dedare, juga bagaimana kita memasarkan pariwisata kita khususnya diwilayah kecamatan Sakra, saya melihat kecamatan Sakra ini punya potensi kearah itu terutama wisata religi karena banyaknya situs-situs yang masih bisa kita temukan juga ada kerajinan, makanan khas dan masih banyak potensi yang kita temukan disini”.


Gawe musim kembalit ini diharapkan menjadi acara tetap dan ciri khas kecamatan Sakra, karena acara ini selain mengangkat karateristik budaya masyarakat Sakra juga menjadi wadah silaturrohmi masyarakat kecamatan Sakra mengingat disakra ada 12 Desa maka acara ini bisa menjadi pemersatu untuk memperkuat silaturrohim mengingat kecamatan Sakra kalau kita lihat dari masyarakatnya bukan satu rumpun namun berbagai macam rumpun, adat istiadat yang berbeda juga dengan Bahasa keseharian yang berbeda dengan bahasa sasak secara umum, melalaui acara ini bisa menghilangkan semua perbedaan latar belakang kesukuan itu, Selain sebagai wadah silaturrohim juga bisa sebagai bagian dari pengembangan ekonomi rakyat, juga bisa menjadi salah satu daerah wisata dibagian selatan Lombok Timur.


Acara pemilihan terune dedare musim kembalit ini dilaksanakan dua hari yaitu dari tanggal 27-28 Agustus 2019 di Kantor Camat Sakra, peserta dari kegiatan ini adalah 80 orang terune dedare, 80 terune dedare ini sesuai dengan ketentuan akan diseleksi hanya menjadi 8 pasangan terune dedare nantinya. Hasil seleksi akan diumumkan minggu ini dan akan menjalankan karantina selama 10 hari guna memantapkan pengetahuannya. Jangan lupa ya hadiri dan meriahkan Gawe musim kembalit dan ikuti seluruh kegiatan yang sudah disiapkan oleh panitia teruma tama kita terune dedare Kecamatan Sakra. Jangan sampai ketinggalan ya!.

 

Baca Juga :


_Efoel Avicenna



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan