logoblog

Cari

Bekedek Maraq Laeq Segera Akan Digelar

Bekedek Maraq Laeq Segera Akan Digelar

Aroma harum akan kemerdekaan sudah terasa dekat, Agustus merupakan hari bersajarh bagi bangsa Indonesia karena dibulan inilah dalam sejarah bangsa ini

Sosial & Keagamaan

Efoel Avicenna
Oleh Efoel Avicenna
03 Agustus, 2019 15:50:50
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 1649 Kali

Aroma harum akan kemerdekaan sudah terasa dekat, Agustus merupakan hari bersajarh bagi bangsa Indonesia karena dibulan inilah dalam sejarah bangsa ini para tokoh bangsa yang diwakili Soekarno mendeklarasikan tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945, atas nama bangsa Indonesia dan mewakili seluruh rakyat Indonesia Soekarno dan Hatta menjadi eksekutor deklarasi ini pada bulan inilah kita bangsa Indonesia mendeklarasikan bahwa negara ini merdeka dari segala bentuk pejajahan seperti yang tertuang dalam pembukaan Undang-Undang Dasar 1945. 

Dibulan Agustus ini juga menjadi titik balik perjalanan bangsa ini sangat Wajar dan tidak berlebihan ketika seluruh rakyat Indonesia menjadikan Agustus sebagai bulan yang sangat special dan di tunggu-tunggu kedatangannya oleh seluruh rakyat Indonesia bahkan Agustus menjadi kesepakaatan akhir dari segala bentuk perbedaan, rakyat Indonesia hanya bersepakat bahwa Agustus adalah hari kemangan bagi kita semua. Kedatangan bulan Agustus tidak hanya dirayakan diistana Negara namun juga peryaan ini menyentuh bantin semua orang sampai dengan pelosok-pelosok Desa dan menyentuh semua sendi dari kalangan muda sampai dengan tua, dari Politisi sampain dengan orang biasa. Perayaan ini tidak hanya soal peringatan kemerdekaan atau sekedar naikin bendera namun yang tidak kalah penting adalah cara masyarakat menyambut bulan ini biasanya dengan melaksanakan berbagai macam lomba.
Hal ini bisa kita lihat di Desa Sakra Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok timur para pemuda akan menyambut kedatangan bulan kemerdekaan ini dengan kegiatan yang diberi tema “Bekedek Maraq Laeq”. Bekedek maraq laeq dalam Bahasa Indonesian adalah bermain seperti dulu. bekedek maraq laeq akan melombakan permainan tradisional yang ada ditengah-tengah masyarakat. Menurut Teguh Indra Sany Juniartha mengungkapkan “Konsep bekedek maraq laeq adalah konsep tentang mengingat kembali akan permainan-permainan dulu yang penuh dengan keceriaan, kerja sama tim, kedisiplinan, dan lain sebagainya karena seperti yang kita lihat generasi kita sampai dengan generasi saat ini sudah lupa akan permainan yang sederhana ini tapi kita sekrang lebih banyak bermain game di gadget sehingga perlu kita meriview ingatan kita tentang permainan lokal ini”.

Lebih jauh lagi pemuda yang akrab ripanggil Indra mengungkapkan bahwa permainan lokal seperti selodor, main benteng, main gatrek, balap terompe dan yang lainnya itu merupakan permainan yang sangat sederhana namun mempunyai nilai yang sangat kuat dalam pesan moral bahkann bisa menjadi pembelajaran kita bahkan kalua dibandingkan dengan permainan yang sekarang ini permainan lokal ini jauh lebih banyak positifnya disamping itu juga bahan-bahannya sangat cepat kita dapatkan tanpa harus ngistall dulu, permianan lokal mengajarkan kita bagaimana kita berkratifitas”.

Lomba bekedek maraq laeq ini mengangkat tema “Melestarikan Permainan Tradisional, Meningkatkan Kepedulian Sosial, Mengurangi Ketergantungan pada Gadget/Smartphone” dan akan dilaksanakan pada 17 a/d 20 Agustus 2019 di lapangan gora Sakra, acara ini diselenggarakan oleh kumpulan kelompok pemuda Desa Sakra seperti P3s Segeleng, Pegondang Aktif, Rengganis Tapsile, Sakra Bersatu. 
“Maka dari itu mari para pemuda untuk balik ke Desa guna mengajarkan atau mengingatkan kepada generasi saat ini bahwa kita mempunyai permainan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang-orang diluar sana, selain unik permaianan ini mampu mendatangkan ketawa. Juga kita sebagai pemuda memiliki tanggung jawab menyelamatkan genarasi setelah kita ini menjadi generasi Indonesia sehat dan generasi Indonesia yang unggul. Terlebih penting dengan adanya permainan lokal ini anak-anak bisa kembali kepermainan lokal guna mengurangi penggunaan Gadget/Smartphone, permainan ini juga bisa mendidik genarasi saya dan seterusnya untuk lebih peka terhadap sosial”. Ungkap Indra.

 

Baca Juga :


Lomba yang akan diadakan di “Bekedek Maraq Laeq” adalah permainan khas yang ada di tengah-tengah masyarakat dianataranya main gatrek, selodor, lari karung, gansing, benteng, pelecon, Tarik tambang, sepak bola sarung, bola tiup bertangga, balap terompe. Ini bentuk permainan tradisional yang ada di Desa Sakra, nah sekarang kamu apa jangan sampai tidak tahu permainan asli daerah masing-masing, inagat ya kita “Bekedek Maraq Laeq”


_Efoel Avicenna



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan