logoblog

Cari

Kampung Zakat Dalam Membangun Anak Bangsa

Kampung Zakat Dalam Membangun Anak Bangsa

Mataram_Berdirinya Kampung Zakat Dusun Longseran Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang merupakan salah satu Kampung Zakat dari 12 (dua

Sosial & Keagamaan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
07 Oktober, 2019 07:07:32
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 323 Kali

Mataram_Berdirinya Kampung Zakat Dusun Longseran Desa Langko Kecamatan Lingsar Kabupaten Lombok Barat yang merupakan salah satu Kampung Zakat dari 12 (dua belas) Kampung Zakat yang ada di Indonesia sejak di louncingnya Kampung Zakat oleh Menteri Agama Republik Indonesia di Tahun 2018, sudah menunjukkan banyak kiprah dan kegiatan yang dilaksanakannya, baik di bidang sosial, budaya, ekonomi maupun di bidang pendidikan yang sangat berdampak kepada masyarakat.

Demikian disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat yang diwakili Kepala Bidang Bimas Islam H. Muhammad Amin saat menyampaikan arahan kepada beberapa organisasi yang terlibat dalam 19 bulan berjalannya program-program Kampung Zakat Dusun Longseran Desa Langko Kecamatan Lingsar, bersama Ketua Baznas Lombok Barat TGH. Mukhlis Ibrahim, Kepala KUA Lingsar, Direktur DASI, Kepala Desa Langko, Kadus Longseran, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat setempat.

Untuk terlaksananya program-program yang sudah disusun Kampung Zakat ini, maka Bidang Bimas Islam bersama Baznas dan LAZ Dasi menggelar Rapat Evaluasi Pilot Project Program Kampung Zakat hari ini (Kamis, 26-9-2019) di Masjid Haqqul Yakin Longseran Timur Desa Langso Kecamatan Lingsar. “Pembentukan Kampung Zakat ini bertujuan untuk memberikan berbagai macam hal kepada masyarakat, baik berbentuk fisik maupun non fisik”, imbuh H. Muhammad Amin dalam sambutannya, “Bantuan-bantuan sudah berjalan baik di bidang ekonomi, sosial, budaya dan termasuk di bidang pendidikan berupa sumbangan tas sekolah, buku dan pakaian seragam bagi anak wajib belajar yang kurang mampu”, tegasnya.

 

Baca Juga :


Terkait dengan program-program yang sudah dilaksanakan, dikatakan Direktur LAZ DASI Indra, yang paling dirasakan seperti dalam bidang sosial adalah pelaksanaan bedah rumah, namun dari 50 (lima puluh) yang direncanakan baru dapat terealisasi adalah sejumlah 18 (delapan belas) rumah, “38 sisa dari rencana bedah rumah ini adalah merupakan PR bagi kita, termasuk bantuan tandon air serta pembuatan akte kelahiran”, ucap Indra. Inspirasi Program, lanjut Indra, dalam Kampung Zakat sudah direncanakan seperti pemberdayaan camilan lombok, pemberdayaan madu trigona, program gizi lansia, pembuatan sumur bor, peternakan puyuh dan pengelolaan sampah menjadi papin block. Kementerian Agama, Baznas Lombok Barat dan LAZ Dasi sama-sama mengharapkan untuk memberdayakan Kampung Zakat ini secara maksimal melalui program-program yang lebih bermanfaat khususnya bagi masyarakat di sekitar Kampung Zakat ini, dan terus dikembangkan terutama untuk kemaslahatan masyarakat, “Jadi apapun bentuk kegiatan oleh siapapun dalam Kampung Zakat ini agar terus ada koordinasi sehingga mana yang belum dan sudah dilaksanakan, kurang atau lebihnya dapat diselesaikan secara bersama-sama”, pungkas H. Muhammad Amin.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan