logoblog

Cari

Guru MAN 2 Kota Bima Juara 2 MTQ Prov. NTB 2019

Guru MAN 2 Kota Bima Juara 2 MTQ Prov. NTB 2019

Gerung, Lombok Barat. Kampung Media. Opick Setiawan, guru di MAN 2 Kota meraih Juara 2 Cabang M2IQ (Musabaqah Menulis Makalah Ilmiah

Sosial & Keagamaan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
10 Oktober, 2019 12:09:55
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 1462 Kali

Gerung, Lombok Barat. Kampung Media. Opick Setiawan, guru di MAN 2 Kota meraih Juara 2 Cabang M2IQ (Musabaqah Menulis Makalah Ilmiah Al Qur’an) pada MTQ XXVII Prov. NTB Tahun 2019. Pengumuman dilakukan pada 9 Oktober 2019 di Arena Utama Lapangan Kantor Bupati Lombok Barat.

Penyerahan hadiah untuk Juara 1 dilakukan oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd. Sementara untuk Juara 2 dan 3, hadiah diserahkan oleh Bupati Lombok Barat.

Ustadz Opick, sapaan akrabnya, memberikan penjelasan usai pengumuman. Untuk tembus ke MTQ tingkat provinsi tidaklah mudah, ia harus berjuang dan berhasil menjadi Juara 1 Cabang M2IQ pada MTQ tingkat Kota Bima yang dilaksanakan pada tanggal 8 – 11 September 2019 lalu.

Peserta merupakan perwakilan dari 10 Kabupaten/Kota se NTB yang telah diseleksi di MTQ tingkat Kabupaten/Kota. Terdiri dari 20 orang, 10 orang Putra dan 10 orang Putri.

Lomba M2IQ, tambahnya, terdiri dari 3 babak, yakni Babak Penyisihan, Babak Semifinal, dan Babak Final.

Ketentuan pada Babak Penyisihan, setiap peserta menulis makalah ilmiah minimal 10 lembar dan maksimal 15 lembar dengan durasi penulisan selama 8 jam. Tema tulisan ada 2, yakni: Revolusi Mental Dalam Perspektif Al Qur’an dan Penguatan Keluarga Sebagai Penopang Ketahanan Nasional. Namun, untuk penentuan tema di-lot oleh juri. Juri ada 6 orang, 2 Profesor dan 4 Doktor yang merupakan dosen- dosen yang mengabdi di Mataram.

 

Baca Juga :


Adapun untuk penilaiannya terkait relevansi judul dengan tema besar, bobot dan kebaruan gagasan, eksplorasi kandungan Al Qur’an, keluasan wawasan, kekayaan referensi, ketepatan tata bahasa, ketepatan tanda baca, ketepatan ragam bahasa, pilihan kata (diksi) dan ungkapan, keteraturan berpikir (coherence and consistence), mutu berpikir, sistematika gagasan, alur tulisan.

Sedangkan untuk Babak Final dilaksanakan secara 2 tahap, yakni menulis makalah dengan tema baru kemudian presentasikan dan tanya jawab. Penilaian pada presentasi makalah mencakup kualitas paparan, kualitas jawaban, serta etika presentasi dan kematangan emosi.   

Pelaksanaan MTQ XXVII Prov. NTB Tahun 2019 berlangsung selama 7 hari, 03 -  09 Oktober 2019 dan bertempat di Gerung Kabupaten Lombok Barat. Ada 7 mata lomba dengan 24 cabang, yakni: Tilawah 5 cabang, Cacat Netra 1 cabang, Qira’at 4 cabang, Tahfidz 5 cabang, Kaligrafi 4 cabang, Fahmil 2 cabang, Syajril 2 cabang, dan M2IQ 1 cabang.

Kota Bima berhasil menjadi juara umum pada MTQ ke XXVIII tingkat Provinsi NTB Tahun 2019 dengan perolehan medali 9 emas, 5 perak, dan 4 perunggu. Piala bergilir Juara Umum diserahkan oleh Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalilah, M.Pd dan diterima oleh Asisten I Setda Kota Bima saat Malam Penutupan MTQ ke XXVIII Tingkat Provinsi Tahun 2019 pada 9 Oktober 2019 di Arena Utama Lapangan Kantor Bupati Lombok Barat.  (NR)



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@gmail.com, rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan