logoblog

Cari

Pemerintah Sangat Konsen Dalam Pengelolaan Haji

Pemerintah Sangat Konsen Dalam Pengelolaan Haji

Kota Bima, Kampung Media. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H. Furqan Ar Roka

Sosial & Keagamaan

Nurrosyidah Yusuf
Oleh Nurrosyidah Yusuf
18 Oktober, 2019 07:11:17
Sosial & Keagamaan
Komentar: 0
Dibaca: 595 Kali

Kota Bima, Kampung Media. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama Kota Bima, Drs. H. Furqan Ar Roka memberikan keterangan. Hasil rilis Badan Pusat Statistik (BPS) terkait Indeks Kepuasan Jama’ah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 1440 H/2019 M telah diumumkan. Hasilnya disampaikan oleh Kepala BPS, Suhariyanto, dalam siaran persnya di BPS Jakarta pada Kamis (17/10).

Dalam siaran persnya tersebut, Suhariyanto memaparkan, Indeks Kepuasan Jama’ah Haji Indonesia (IKJHI) Tahun 1440 H/2019 M sebesar 85,91. Secara umum jema’ah haji Indonesia telah menerima semua pelayanan yang diberikan oleh pemerintah secara “sangat memuaskan”. Indeks kepuasan pelayanan jema’ah haji naik sebesar 0,68 dibandingkan dengan tahun 2018.

Suhariyanto memaparkan, bila dirinci menurut jenis pelayanan, indeks kepuasan tertinggi terdapat pada pelayanan transportasi bus Shalawat, yaitu sebesar 88,05. Selanjutnya, pelayanan ibadah sebesar 87,77, pelayanan katering non Armuzna sebesar 87,72, pelayanan petugas sebesar 87,66, pelayanan bus antar kota sebesar 87,35, pelayanan akomodasi hotel sebesar 87,21, pelayanan lain-lain sebesar 85,41, pelayanan katering di Armuzna sebesar 84,48, pelayanan transportasi bus Armuzna sebesar 80,37, dan pelayanan tenda di Armuzna sebesar 76,92.

Kemudian berdasarkan lokasi tempat pelayanan, IKJHI tertinggi terdapat pada pelayanan yang dilakukan selama di bandara, yaitu sebesar 87,94. Selanjutnya, pelayanan di Makkah sebesar 87,89, pelayanan di Madinah sebesar 86,44, dan pelayanan di Armuzna sebesar 82,57.

Syukur alhamdulillah, ini berkat kerjasama yang baik antara petugas haji. Semua kebutuhan jama’ah haji dilayani”, tutur Furqan.   

 

Baca Juga :


Menurut Kepala Seksi (Kasi), kepuasaan jama’ah haji merupakan potret nyata bahwa pemerintah sangat konsen sekali dalam mengelola penyelenggaraan ibadah haji yang berpihak pada jama’ah. Kenaikan indeks kepuasan jema’ah haji juga sebagai wujud hadirnya pemerintah dalam memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan kepada jama’ah haji. Disamping itu, juga adanya kemandirian jama’ah haji dalam melaksanakan ibadah haji.

Kebutuhan jama’ah terpenuhi dengan adanya petugas di setiap sudut. Hal ini tidak bisa dipungkiri. Makanya, tidak ada istilah bahwa jama’ah haji yang hilang. Akan tetapi, hanya karena salah jalan saja”, ujar Furqan menutup penjelasannya.   (NR)

 



 
Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf

Nurrosyidah Yusuf. Alamat: Jl. Seruni No.14 Lingkungan Saleko Kel. Sarae Kec. RasanaE Barat Kota Bima NTB. Email: rosyinurosyidah@gmail.com, rosyinurosyidah@yahoo.com. Facebook: Rosyi Nur Rosyidah. Twitter: @RoseNurrosyidah

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan