Setes Darah Untuk Sesama

Salah satu program unggulan yang digencarkan saat ini oleh Kepala Desa Bajur Ahmad Husni, SH, adalah program membentuk kelompok donor darah, yang diberi nama kelompok “Donor Darah Desa Bajur”. Program ini bukan program baru akan tetapi penguatan dari program kades terdahulu.

Berangkat dari beberapa warga masyarakat Desa Bajur yang kebingungan dalam mencari darah ketika ada keluarganya yang masuk rumah sakit, dan kebanyakan dari mereka adalah keluarga yang kurang mampu, sehingga mereka merasa selalu kesulitan untuk mencari darah.

Dari penomena inilah kepala Desa Bajur Kecamatan Labuapi bersama beberapa orang yang peduli dengan masyarakatnya mencanagkan program tersebut.

Menurut Pak Kades anggota dari kelompok donor darah tersebut berjumlah  70 orang yang tersebar di empat dusun di wilayah Desa Bajur yang meliputi Dusun Bajur Induk, Dusun Bajur Ampel, dusun Bajur Kalijaga dan Dusun Bajur Girijati.

Masih menurut Pak Kades, bahwa dari kelompok ini masyarakat merasa sangat terbantu  bila memerlukan  darah. Model pendistribusian darah dilakukan dengan cara melakukan donor jika ada masyarakat yang membutuhkan darah.

Untuk saat ini kelompok ini dalam pendistribusian darah focus pada wilayah Desa Bajur namun ada juga beberapa orang yang berada diluar Desa Bajur datang meminta darah contohnya ada orang dari Kecamatan Bayan beberapa bulan yang lalu. Ungkap Muhajirin salah seorang anggota kelompok ini - (01)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru