Kampung Media Ajak Warga Berkoperasi


Melalui pengajian yang di gelar oleh ibu-ibu takhassus Kampung Karang Buaya, salah seorang anggota komunitas kampung media Asrobi Abdihi yang juga selaku ketua KSU Ikhtiar Bersama, sebagai langkah pertama mencoba mendekati ibu-ibu untuk di ajak agar mau menjadi anggota koperasi Ikhtiar Bersama.

Kata Asrobi, Koperasi Ikhtiar Bersama yang sudah memiliki badan hukum ini sebelumnya telah terbentuk oleh teman-teman media se lombok, namun dalam perjalanannya koperasi mengalami kemunduran bahkan macet total dan satu persatu dari anggotanya mengundurkan diri dan di ikuti oleh pengunduran diri secara tertulis oleh pengurus. Kini Koperasi Ikhtiar Bersama bangkit lagi dengan kepengurusan yang baru dari warga Kampung Karang Buaya.

“ Setelah dua kali memberikan sosialisasi tentang rencana merekrut anggota baru koperasi Ikhtiar Bersama di pengajian ibu-ibu yang berlangsung di Musholla Al-Arifin, ibu-ibu pengajian takhassus yang berjumlah sekitar 50 orang, baru 23 orang yang resmi menyatakan diri untuk gabung menjadi anggota koperasi Ikhtiar Bersama sisanya masih ragu-ragu. Dalam sosialisasi yang kedua ini antara pengurus dan anggota koperasi menyepakati untuk setoran pokoknya 100.000 rupiah dan setoran wajib perbulan sebesar 5000 rupiah," ujar Asrobi

Pertemuan yang berlangsung di Musholla Al-Arifin Lingkungan Karang Buaya Kelurahan Pagutan Timur Kota Mataram (24/10) juga hadir salah seoarang dosen ekonomi Al-Azhar Ustad H.Djundul Mujtahidin. Usai pengajian Ibu-ibu takhassus , Ustad H.Djundul Mujtahidin sempat memberikan siraman rohani tentang perbedaan koperasi pola syariah dan konvensional selain itu Ustd.H.Djundul Mujtahidin mengingatkan kepada Ibu-ibu bahwa pengajian Takhassus tidak ada keterkaitan dengan Koperasi Ikhtiar Bersama dan ada tidak hubungan, keduanya tersendiri, dan silahkan Ibu-ibu jika ingin berkoperasi tidak ada masalah.

Banyaknya koperasi dari luar dengan bunga tinggi yang berkeliaran masuk di Lingkungan Karang Buaya menjadi dasar di rangkulnya warga untuk menjadi anggota KSU Ikhtiar Bersama. Kedepan di harapkan dengan sistim pola syraiah yang di terapkan, tidak hanya dari kalangan ibu-ibu yang memiliki usaha produktif menjadi anggotanya namun juga dari kalangan bapak-bapak dan remaja yang memiliki usaha produktif dan mempunyai penghasilan tetap atau bulanan.

Dan untuk sekretariat KSU Ikhtiar Bersama berada di PLIK SP Kampung Media Karaya, selain memiliki sarana komputer untuk penyimpanan data administrasi, sebagai tempat promosi dan pemasaran produk warga, juga dianggap sebagai pintu masuk ke Lingkungan Karang Buaya. (km karaya) 02

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru