Obrolan Teras Merah

KM. Cankon 9/12/2014. Lhaa... obrolan itu menyita perhatian ku pada teras merah di Base camp. Kerumunan senior dan aktifis perempuan asyik membicarakan tentang perempuan. Perempuan memang menarik dibicarakn karena ia merupakan pokok terpenting dalam kehidupan baik itu pacaran, berumah tangga dan sebagainya. Namun, yang paling penting dalam suasana itu adalah tentang laki-laki baru yang diwacanakan secara umum saat itu dan waktu itu.

Tentang laki-laki baru ini merupakan wacana sejak lama bahkan jadi pendiskusian serius ditingkatan NGO akan tetapi baru didengungkan bahkan diekspos oleh kalangan tertenu, oleh karena itu laki-laki baru harus di kampanyekan pada masyarakat luas. Pengetahuan ini akan menambah kepedulian terhadap perempuan, dimana peran dan posisi dilakukan secara musyawarah sehingga dalam peraktekanya dikehidupan rumah tangga, pacaran atau bahkan posisi politik dan lain-lainnya dapat mencapai adil social gender.

Laki-laki baru adalah laki-laki yang menolak kekerasan terhadap perempuan, menyayangi, mencintai, dan bekerja sama dalam segala hal serta muyawarah untuk menyelesaikan masalah bersama. Ini muncul dikarenakan kecenderungan budaya patriarki yang masih ada pada masyarakat yaitu kaum laki-laki lebih dominan dan super dibandingkan kaum perempuan.

Hal ini sebagai upaya untuk memberi pemahaman terhadap laki-laki mengenai perempuan dan gender secara umumnya sehingga praktek-peraktek sosial  tidak menindas satu samalainnya. Disamping itu juga pemahaman dan peningkatan kapasitas perempuan harus ditingkatkan melalui informasi serta diskusi-disusi pormal maupun non pormal.

Hari sudah mulai siang jam menunjukan pukul 11:00 Wita. Namun tidak terasa oleh cuaca mendung, kelihatan pagi karena matahari tidak sedikitpun nongol pada hari yang sama seminggu belakangan ini. Salah seorang melihat jam dan nyeltuk berbicara “kita cukupkan obrolan serius ini walaupun tak formal karena ada aktifitas lainnya yang mesti di urus”. Setelah itu mereka bubar, pergi dengan jalur masing-masing.

Demikianlah obrolan teras merah, pengetahuan sebagai penambah wawasan tidak hanya dibangku kuliah atau sekolah saja. Ia juga bisa kita temukan dan dapatkan pada aktifitas kita sehari-sehari dalam keadaan sadar maupaun tidak sadar. [] - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru