Kodim Bima Gelar Donor Darah

KM Nggusuwaru – Dalam rangka memperingati hari bela negara, Dandim 1608 Bima menggelar kegiatan sosial donor darah. Dalam acara sosial yang dilaksanakan Senin 22 Desember 2012 itu, Dandim menggandeng tim medis dari RSUD Bima, HMI cabang Bima, KNPI Kota Bima dan Peguyuban Jawatimuran.

Dandim 1608 Bima, Letnan Kolonel Infanteri Tommy Ferry, mengatakan kegiatan itu dimulai sejak pukul 08.00 Wita hingga pukul 12.00 Wita, di halaman pusat perbelanjaan Barata Kota Bima, untuk memperingati hari bela negara yang jatuh pada tanggal 9 Desember 2014 dengan kegiatan donor darah sukarela. "Karena beberapa hari kemarin kegiatan Dandim padat, maka kegiatan itu dialihkan hari ini," ujarnya Senin pagi.

Tommy mengaku, kegiatan ini dilaksanakan secara berkala disaat momentum hari nasional, seperti hari bela negara. Dipilihnya lokasi kegiatan di halaman depan Super Market Barata, karena dianggap padat aktivitas warga. "Barata dipilih karena banyak warga yang kunjungi. Sekiranya, dapat menyalurkan bantuan sukarela donor darah," katanya.

Dia berharap kepada masyarakat Kota dan Kabupaten Bima, dapat tergerak hatinya untuk menyalurkan bantuan donor darah secara sukarela. Jangan hanya melihat dan menunggu event tertentu. "Ini hal yang mulia untuk dilakukan. Semua anggota TNI telah mendonor darahnya," tutur Tommy.

Di tempat yang sama Koordinator Tim Medis, dr. H. Soecipto mengatakan kegiatan ini dipakarsai oleh Dandim 1608 Bima. Ada sekitar 50 warga (pria dan wanita) Kota dan Kabupaten Bima yang sudah mendaftarkan diri dan sudah diambil darahnya.

Manfaat donor darah, jelas dr. soecipto, untuk mencegah kelebihan kolestrol, asam urat, menghindari proses tua radikal bebas dalam darah. "Orang itu akan sehat dan awet muda kalau ikut donor darah,"  jelasnya.

Selain itu, donor darah juga dapat menghentikan gejala penyakit berbahaya seperti sepilis, HIV, hepatitis c dan d. "Inikan penyakit berbahaya. Jadi donot darah itu penting minimal satu kali dalam tiga bulan," kata Soecipto. (NOV) - 05

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru