Sambut Tahun Baru Hijriyah di Al Munawwarah

SANTRI TPQ. AL-MUNAWWARAH SAMBUT TAHUN BARU ISLAM 1438 H

KM. MASBAGIK. Desa Kesik, Kecamatan Masbagik. Dalam Islam dikenal berbagai peristiwa penting yang tidak boleh dilupakan oleh seluruh umat islam. Diantaranya tahun baru islam, maulid Nabi Besar Muhammad SAW, Isro’ Mi’roj, dan dua hari raya.

Kemarin malam (1/10/2016) bertempat di TPQ Al-Munawwarah Karang Gading, Dusun Sungkit, Desa Kesik penulis bersama-sama dengan santri mengadakan acara peringatan Tahun Baru Islam 1438 Hijriah. Adapun acaranya sebenarnya mulai berlangsung sejak sore hari hingga malam hari. Acaranya berupa pembacaan doa akhir tahun pada sore hari dan pembacaan doa awal tahun pada malam harinya. Acara pada sore harinya memiliki rangkaian acaranya yaitu mulai dari pembacaan fatihah hizib, pembacaan surah Yasin, Tausiyah, dan pembacaan doa akhir tahun. Sedangkan acara pada malam harinya rangkaian acaranya yaitu shalat Magrib berjama’ah, dzikir, dan pembacaan doa awal tahun.

Para santri sangat senang dengan diadakannya acara peringatan seperti ini karena selain untuk dijadikan sebagai pelajaran untuk menjadikan diri lebih baik dari sebelumnya juga sebagai ajang untuk saling bersama dan berbagi. Karena setelah diadakannya acara pembacaan doa awal tahun para santri secara bersama-sama menyantap nasi bungkus yang sudah disiapkannya dari rumah masing-masing. Tidak jarang mereka saling berbagi dan saling mencicipi makanan dan minuman yang mereka bawa kepada temannya yang lain. Semoga ini bisa menjadi pelajaran bagi kita semua. Selamat tahun baru Islam 1438 hijriah semoga kita menjadi manusia yang lebih baik lagi dari yang sebelumnya. Salam pergerakan dari kampung.

By_Andre D’Jails () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru