Komitmen KPA

Mataram (Rengganis),_Evaluasi antar Pimpinan Satker merupakan agenda utama yang sangat menjadi penting bagi setiap Kementerian atau Lembaga, karena dalam rapat evaluasi diharapkan dapat terjadi kesinambungan yang sinergis antara Pimpinan dengan Pegawai dilingkungannya terutama dalam mengungkap permasalahan-permasalahan yang dihadapi dalam masalah anggaran serta berusaha mencari upaya penyelesaiannya.

Hal tersebut diatas disampaikan Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Nusa Tenggara Barat Drs. H. Sulaiman Hamid, SH, MH pada saat memberikan sambutan dan sekaligus membuka secara resmi dimulainya kegiatan Rapat Evaluasi Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dilingkungan Kanwil Kemenag Provinsi NTB Tahun 2016 serta Pengukuhan Duta Akrual Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri dan Kanwil Kemenag Provinsi NTB Tahun 2016 di Hotel Golden Palace Mataram pada hari ini (Senin, 14 November 2016).

“Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) harus mempunyai komitmen untuk menyelesaikan pertanggungjawaban keuangan sampai laporannya” ditekankan H. Sulaiman Hamid sebagai orang nomor satu di Kanwil Kementerian Agama Provinsi NTB didepan 90 (Sembilan puluh) peserta Rapat Evaluasi KPA di lingkup Kemenag Provinsi NTB yang terdiri dari 14 orang dari unsure Kanwil Kemenag Prov. NTB, 10 orang dari Kemenag Kabupaten/Kota, 17 orang dari MAN se-NTB, 24 orang dari MTsN se-NTB dan 25 orang utusan dari MIN se NTB yang dilaksanakan selama 3 hari dari tanggal 14 sampai dengan 16 November 2016.

Lebih lanjut dikatakan bahwa selain harus mempunyai komitmen untuk menyelesaikan pertanggungjawaban keuangan sampai laporannya, juga rapat KPA ini merupakan momentum yang tepat dan strategis dalam upaya penuntasan capaian kinerja Kementerian Agama sesuai yang diharapkan, “Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh Satker Wilayah dan Kabupaten/Madrasah yang telah bersungguh-sungguh melaksanakan tugasnya” tambah H. Sulaiman Hamid dalam arahannya.

H. Sulaiman Hamid dalam kesempatan ini berharap kepada seluruh KPA untuk memacu lebih keras lagi peningkatan jumlah serapan anggaran mengingat waktu pelaksanaan anggaran tahun ini praktis hanya tersisa 30 hari lagi yang merupakan waktu yang sangat pendek untuk menuntaskan anggaran jika melihat dari realisasi anggaran sebesar 63,22 % per tanggal 31 Oktober 2016 dari jumlah pagu anggaran yang ditertera dalam DIVA 2016 ini, “Untuk memaksimalkan sisa waktu 30 hari kerja ini, diminta kepada seluruh KPA untuk benar-benar focus dan memperhatikan Program prioritas Kementerian Agama” harapnya.

Sebelumnya Ketua Panitia Penyelenggara Nasrullah, S.Ag dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari Rapat Evaluasi Kuasa Pengguna Anggaran ini selain untuk memantapkan pelaksanaan program Kementerian Agama, juga dihajatkan untuk mengevaluasi kinerja, mensosialisasikan kebijakan, dan menyusun arah kebijakan serta mencari solusi dan pemecahan masalah terkait hambatan dalam pelaksanaan tugas pada tingkat Daerah.

Untuk menyemangati para peserta, pada Rapat Evaluasi ini sebelum dibuka oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB, terlebih dahulu acara ini dimeriahkan oleh penampilan Nasyid dari Siswa-siswi MAN 2 Model Mataram yang telah meraih Juara II Aksioma di tingkat Nasional Tahun 2015 dan penampilan seni music marawis dari siswa-siswi MAN 1 Mataram yang telah membawa emas dari Tingkat Nasional ke Provinsi NTB. LA [] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru