Wujudkan Keteladanan Akhlak Rasulullah

Sumbawa_Inmas,_Pengurus Masjid An-Nur RT.04 RW.07 Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang berlangsung pada tanggal 12 Desember 2016.


Peringatan yang dihadiri Ketua Rukun Tetangga rt.04 rw.07, Tokoh Masyarakat, Para Imam Masjid Annur serta Jamaah Masjid Anp-nur Pantodaeng dan sekitarnya itu Kelurahan Brang Bara Kecamatan Sumbawa, Alhamdulillah dapat melaksanakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dan dapat menghadirkan dan menyatukan warga masyarakat dalam peringatan ini agar menjadi indah dalam suasana kekeluargaan karena kesibukan kesibukan warga masyarakat agar terjalin hubungan yang harmonis.

Peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan bertepatan dengan bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.Masyarakat yang beragama islam tentu menyambut hari istimewa ini dengan penuh suka cita. Bukan hanya di Indonesia, mungkin seluruh umat muslim di dunia. Indonesia sendiri yang dikenal dengan banyak budaya yang menghiasinya dari berbagai pulau, tentu memiliki cara mereka masing-masing dalam memperingati hari Maulid ini.

Adat Sumbawa setiap memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW, selalu dihiasi dengan bunga Male yang digunakan sebagai rangkaian acara untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Bunga Male merupakan sebuah tradisi dari Sumbawa, memiliki arti, yaitu (Seni menggunting hiasan kertas).

Dan biasanya bentuk/corak/motif yang menjadi Male adalah bunga. Sehingga namanya menjadi Bunga Male. Dan ada variasi buahnya dari telur rebus yang dibungkus dengan pastlik, akan menjadi indah dilihatnya.


H.Lutfi Makki S.Sos,M.Si secara gamplang dan panjang lebar menyampaikan ceramahnya lebih menekankan kepada kita semua untuk menghidupkan nilai-nilai bersyukur, berterima kasih dan saling menghargai, sesuai dengan nilai yang diajarkan oleh Nabi Besar Muhammad SAW, dalam penerapan dan diamalkan dalam kehidupan sehari hari dilingkungan masyarakat.

Pada acara istirahat para tamu undangan mendapat suguhan ala kadarnya dan dibagikan bunga male’ yang dibagikan oleh seluruh tamu undangan yang hadir dan sebagai tanda peringatan Maulid berakhir dan ini juga sebagai bukti kecintaan kita kepada sang pencipta untuk melaksanakan peringatan ini dan bukti kesukuran kita atas rejeki yang didapat serta diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat,


dan tidak hanya peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dilakukan di Masjid Annur, namun peringatan Islam lainnya, seperti Nuzulul Qur’an serta Sholat Jum’at,Sjolat Idul Fitri dan Sholat Idul Adha,Sholat berjaah lima waktu dilaksanakan di Masjid Annur, Alhamdulillah jamaah tetap ramai dan dan ini merupakan merupakan kecintaan hamba kepada Allah SWT dan untuk memakmurkan Masjid amiin___joko. () -03

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru