Jokowi Akan Tutup Konfrensi Internasional Alumni Mesir di Mataram

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo diagendakan akan hadir dalam acara penutupan Konferensi Multaqa Nasional IV Alumni Al Azhar, Mesir di Islamic Center Mataram, NTB pada  Kamis (19/10) mendatang.

Konferensi bertajuk “Moderasi Islam: Dimensi dan Orientasi” akan berlangsung mulai Selasa (17/10) hingga Kamis (20/10). Sedikitnya 400 Alumni Al Azhar yang datang dari 25 negara akan menghadiri konferensi ini. “Kegiatan ini juga akan menjadi bagian dari promosi NTB sebagai daerah percontohan sebagai penduduk yang mayoritas beragama Islam, namun kerukunan hidup antarberagama terjalin dengan harmonis,” kata Gubernur NTB, TGH M Zainul Majdi di Mataram Selasa (17/10).

Menurut Gubernur, dalam kegiatan tersebut nantinya akan banyak promosi tentang Islam moderat, tentang Islam rahmatan lil alamin kepada dunia sehingga negara-negara lain bisa belajar ke sini. NTB bagian dari Indonesia yang diketahui bersama akan pengalaman membina islam moderat. Dimana, masyarakat mayoritas muslim, namun ada juga non muslim. “Kendati demikian, saudara kita non muslim bisa hidup tenang dan nyaman karena tetap memegang rasa persaudaraan yang disebut Islam Rahmatanlilalamin. “Kita berharap supaya negara islam lainnya bisa belajar bagaimana menjaga kerukunan antar umat beragama di Lombok,” ujarnya Gubernur.

Gubrnur dari kalangan ulama ini sangat berharap kepada semua SKPD dan masyarakat NTB untuk mendukung kegiatan ini dengan memberikan pelayanan terbaik dan menunjukkan bahwa NTB memegang konsep Islam Rahmatanlilalamin kepada tamu peserta yang hadir.

Sementara itu Kepala Biro Humas Setda NTB, H. Irnadi Kusuma terpisah menyatakan, kedatangan Presiden ke NTB juga diagendakan akan mengunjungi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika Resort, Kuta Lombok Tengah untuk melihat secara langsung progres pembangunannya.

Dikatakannya, rundwon rencana kunjungan Presiden hari Kamis mendatang dimulai pada pukul 07.00 WIB, Presiden akan take off dari Jakarta menuju Bandara Lombok menggunakan pesawat khusus kepresidenan.

Diperkirakan Presiden Jokowi akan tiba di Bandara Lombok International Airport (LIA) pukul 09.50 Wita dan langsung menuju ruang VVIP Bandara.

Di kawasan KEK Mandalika Presiden juga berkesempatan meresrmikan Masjid Nurul Bilad dilanjutkan peninjauan fasilitas masjid dan penandatanganan prasasti sekaligus untuk melaksanakan solat dzuhur disana. Selanjutnya Presiden mengunjungi PLN Ampenan untuk melakukan peresmian dan melakukan ground breaking proyek PLN di NTB. “Selesai Sholat Ashar Presiden Jokowi menutup konfrensi Islamic Center Mataram konfrensi lulusan Al Azhar Mesir,” kata mantan Camat Tanjung ini. (wardi)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru