Munas dan Konbes NU Direncanakan Dibuka Presiden Jokowi


Persiapan gelaran Musyawarah Nasional (Munas) dan Konferensi Besar  Nahdlatul Ulama (Konbes NU), sejak awal sudah dilaksanakan. Direncanakan, kegiatan Munas akan berlangsung, 23 November mendatang. Pada acara pembukaan, direncanakan akan dibuka oleh Presiden RI, Ir.H.Joko Widodo (Jokowi)

Sebagai langkah awal kegiatan, diawali dengan rapat internal yang membahas kesiapan dan persiapan Pemkab Lobar untuk mendukung berlangsungnya Munas. Kegiatan rapat berlangsung di Ruang Jayengrana, Kantor Bupati Lobar di Giri Menang-Gerung, Selasa (7/11).


Ketua Panitia Sekaligus Sekretaris NU Propinsi NTB, H. Lalu Winengan menjelaskan, pihaknya sudah sepakat untuk menggelar Munas dan Konbes di dua tempat yang berbeda. Untuk acara pembukaan akan berlangsung di Islamic Center, Kodya Mataram. Sedangkan penutupan akan berlangsung di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Qur'an Bengkel, Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Diharapkan, saat acara penutupan akan dilakukan oleh Wakil Presiden, Yusuf Kalla.

Winengan berharap, Pemda Lobar agar membantu secara maksimal sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Sarana MCK dan kelengkapan akomodasi peserta belum sepenuhnya rampung. Ada dua ponpes yang ditunjuk sebagai lokasi kegiatan  penutupan. Ponpes teresebut adalah, Ponpes Al-Hamidy – Sesela kecamatan Gunungsari dan Ponpes Darul Qur'an Bengkel. Kedua ponpes tersebut mampu menampung peserta masing-masing 100 orang peserta.

Di tempat yang sama, Sekretaris panitia, Drs.H.Marinah Hadi menuturkan, pihaknya sudah menyiapkan agenda sehari sebelum hari H, yaitu tanggal 22 November. Pada kesempatan ini, panitia akan melaksanakan kegiatan sunantan massal, pawai taaruf, star mulai dari Islamic center, berakhir di depan Pendopo Gubernur NTB. “Kegiatan ini akan dilengkapi dengan kegiatan pasar murah atau bazar di lokasi pembukaan di Islamic Center,” kata Marinah seraya menambahkan, di tempat yang sama akan diselingi dengan khataman al-quran. Agenda ini di pelopori oleh Muslimah NU.

Setelah mendengar masukan dari ketua panitia dan sekretaris panitia, Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid menyikapi apa yang menjadi usulan panitia Munas dan Konbes Nasional tersebut. "Kita rapat dulu dengan asisten, kemudian meninjau lokasi terkait pengamanan bersama jajaran Polres Lobar," pungkas Fauzan.

Hadir pada rapat tersebut Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas LH, Kasat Pol PP, dan pengurus NU Provinsi NTB dan Lombok Barat.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru