Ethnic Nasseed UIN Mataram di International Islamic Education Expo

Menghadiri acara Kementerian Agama RI pada acara Pameran Pendidikan Islam International (Interntional Islamic Education Expo) 2017 yang berlangsung di Hall Nusantra Indonesia Conventation Exhibition (ICE)-BSD City, Tangerang pada tanggal 21 hingga 24 November 2017, Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram tampil memukau di atas panggung megah lewat kreatifitas musik ethnic nasseed atau musik gamelang sasak yang dikolaborasikan dengan lagu dangdut karya H. Rhoma Irama.


Lalu Makhsun Ahmad selaku pembina seni suara di UIN Mataram mengatakan bahwa keikutsertaan UIN dalam ajang bergensi di tingkat International ini adalah peristiwa bersejarah bagi UIN Mataram. Sebab lewat Pameran International yang melibatkan 100 sekolah dan Perguruan Tinggi Islam se-Indonesia dan juga perwakilan Perguruan Tinggi dari luar negeri, Universitas Negeri Islam (UIN) Mataram mendapat sambutan hangat dari pihak panitia dan pengunjung pameran. Keunikan stand pameran dari UIN Mataram dengan memperdengarkan hasil kreatifitas musik gamelang sasak yang terpadu dengan karya lagu-lagu Rhoma Irama banyak dikunjungi oleh orang-orang.Hasil reatifitas musik tersebut adalah ide kreatif dari seorang Makhsun yang jauh sebelumnya muncul ketika akan mempersiapkan diri dalam mengikuti Pameran Pendidikan Islam International (Interntional Islamic Education Expo).


Lalu Makhsun Ahmad yang juga salah satu dosen UIN Mataram mengatakan bahwa dalam meningkatkan kualitas perguruan tinggi, mahasiswa jangan hanya semata-mata datang kuliah ke kampus, mengerjakan tugas, dan rajin ke perpustakaan. Akan tetapi berbagai kegiatan kemahasiswaan yang seharusnya diikuti oleh mahasiswa demi untuk mengembangkan diri dan menjadi modal pada masa depan nantinya. Salah satunya adalah dengan melibatkan mahasiswa pada kegiatan seni. Ungkap Makhsun ketika usai membawakan garapan musik ethnic nasseed pada Seminar Nasional UIN Pascasarjana yang bertempat di Hotel Golden Palage Mataram (25/11/2017).

Musik Ethnic Nasseed adalah salah satu jenis musik yang dikembangkan oleh Makhsun di UIN Mataram. Sesuai dengan latar belakang perguruan tunggi yang tempatnya mengabdi yaitu berbasic Islam, Makhsun sengaja berinovasi untuk menyebarkan ajaran nilai-nilai Islam dengan melalui karya lagu-lagu ethnic nasseed dengan mengkolaborasikan syair lagu dalam musik gamelang sasak dengan karya lagu-lagu dari H.Rhoma Irama. Perpaduan musik dalam ethnic nasseed adalah bahwa dalam satu lagu, Makhsun lebih awal melantunkan syair bahasa Arab dalam bentuk puisi, yang kemudian di lanjutkan dengan salah satu karya lagu dangdut dari bang Rhoma Irama. Setelah itu, ia pun melanjutkan syair lagu Islam yang diiringi musik gamelang sasak. Tapi bukan berarti menterjemahkan syair lagu dangdut dari bang Rhoma Irama, namun hanya mencari syair-syair Islam atau kalimat-kalaimat yang mengandung nilai ajaran Islam yang memiliki hubungan makna dengan karya lagu dari Bang Rhoma agar memiliki keharmonisasisan dengan iringan musik gamelang sasak.

Album Mp3 yang diciptakan oleh Makhsun yaitu menampilkan nuansa ke-Islaman dan memiliki keunikan tersendiri lewat irama gamelang sasak mendapat pujian dari pihak kampus UIN Mataram. Hal inilah yang melandasi seorang makhsun untuk melatih mahasiswa-masiswinya dalam membawakan garapan lagu-lagunya hingga ke studio rekaman, dan juga memerkannya di Pameran International Education Expo, dan ia pun juga  tampil bersama mahasiswanya di atas panggung megah di IIC Tangerang-Jakarta.

Makhsun mengakui bahwa dari sekian peserta pameran yang ada di IIC Tangerang-jakarta, stand-nyalah yang paling banyak mendapat pujian dari pengunjung bahkan dari pihak panitia memberikan acungan jempol. Bahkan atas permintaan panitia pameran International Education, mereka pun tampil dua kali ditas panggung. Inilah bentuk penghargaan yang didapatkan oleh makhsun lewat karya lagu-lagu garapannya yang bernuansa Islam dengan mengkolaborasikan etnik gamelang sasak dengan karya Bang Rhoma Irama. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru