Kemenag Kota Bima Gelar Bimbingan Manasik Haji

Kota Bima, KM_Selasa, 19/06/2018, Drs. H.A. Munir, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bima membuka secara resmi kegiatan bimbingan kelompok manasik haji bagi calon Jama’ah Haji Kota Bima tahun 1439 H/2018 M. Kegiatan ini merupakan kegiatan bimbingan manasik haji yang merupakan kewajiban dari pihak Kemenag sebagai instansi yang menangani penyelenggaraan ibadah haji.

Kegiatan bimbingan kelompok manasik haji akan dilaksanakan secara dua tahap, yakni di tingkat Kecamatan dan di tingkat Kota Bima. Adapun di tingkat kecamatan diselenggarankan oleh KUA (Kantor Urusan Agama), dalam hal ini KUA kecamatan Rasanae Barat mendapat giliran pertama melaksanakan kegiatan bimbingan kelompok manasik haji.

Sebanyak 51 orang calon Jama’ah Haji dari Kecamatan Rasanae Barat mengikuti kegiatan dan ditambah 2 orang Jama’ah Haji mutasi dari Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Kegiatan bimbingan kelompok manasik haji yang dilaksanakan di Aula MAN 2 Kota Bima ini akan berlangsung selama 8 hari, yakni 19/06/2018 – 22/06/2018 dan 30/06/2018 – 03/07/2018.   

Keterangan Kepala Seksi Penyelenggaraan Ibadah Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Kota Bima, Drs. H. Furqan Ar Roka menjelaskan, bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan sebanyak 10 kali pertemuan. Calon Jama’ah Haji akan mendapatkan materi meliputi: Bimbingan Manasik Haji dan Umrah, Proses Perjalanan Ibadah Haji, Hikmah Ibadah Haji, Adat Istiadat Calon Jama’ah Haji, Makna Arba’in serta  Kunjungan ke Tempat-tempat  Bersejarah.

Materi bimbingan haji tidak hanya berupa teori, ada praktiknya juga. Untuk tingkat kecamatan akan dilaksanakan sebanyak 8 kali pertemuan, dengan 4 kali teori yang dilaksanakan pada 19/06/2018 – 22/06/2018 di Aula MAN 2 Kota Bima, dan 4 kali praktik pada 30/06/2018 – 03/07/2018 di Museum Asi Mbojo. Sementara untuk tingkat Kota Bima akan ada 2 kali pertemuan”, jelas Furqan.

Calon Jama’ah Haji dari Kecamatan Rasanae Barat berasal dari 6 kelurahan, yaitu:  Kelurahan Paruga: 10 orang, Kelurahan Dara: 21 orang, Kelurahan Tanjung: 6 orang, Kelurahan Na’e: 3 orang, Kelurahan Pane: 5 orang, dan Kelurahan Sarae: 6 orang.

Lebih jauh Furqan memaparkan tujuan diadakan bimbingan kelompok manasik haji adalah untuk meningkatkan pemahaman manasik haji bagi calon Jama’ah Haji sebelum berangkat ke Tanah Suci.

Patut disyukuri bahwa calon Jama’ah Haji Kota Bima sudah dibimbing terlebih dahulu oleh Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kota Bima sebanyak 9 kali pertemuan. Disamping mendapatkan teori, Jama’ah Haji Kota Bima juga mempraktikkan manasik haji yang dibimbing langsung oleh pembimbing haji bersertifikat. Sehingga kegiatan bimbingan manasik haji yang diadakan Kemenag adalah untuk mengingatkan kembali ilmu yang diperoleh pada saat kegiatan manasik haji IPHI tempo hari”, tutupnya.  

Pembinaan manasik haji oleh IPHI Kota Bima dilakukan secara gratis bagi seluruh calon Jama’ah Haji Kota Bima. Dilaksanakan pada 04/02 – 29/04/2018 silam. Kegiatan manasik haji baik materi manasik maupun praktik manasik diadakan secara rutin setiap hari Ahad di areal Masjid Terapung Ama Hami Kota Bima. Ini merupakan kerjasama antara IPHI Kota Bima dengan Pemerintah Kota Bima. (NR)

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru