Komunitas Tionghoa Kunjungi Posko KM Sukamulia


KM. Sukamulia – Kamis (23 Agustus 2018), Kominfo dan Komunitas Sosial Tionghoa Mataram Lombok mengunjungi Posko KM. Sukamulia guna menyalurkan Bantuan Kemanusiaan kepada Korban Gempa Lombok yang berada di wilayah Kecamatan Sambelia dan Kecamatan Pringgabaya.

Ibu Hasni (Pegawai Kominfotik Provinsi NTB) beserta Komunitas Tionghoa yang dikoordinatori oleh Bapak Wijanarko bertandang di Posko Pengungsian KM. Sukamulia Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur Kecamatan Pringgabaya pada sekitar pukul 15.45 wita. Rombongan mereka disambut hangat oleh Koordinator KM. Sumaulia, Koordinator KM. Pohgading Timur, Kepala Desa Pohgading Timur dan masyrakat Dusun Sukamulia yang mengungsi di halaman SDN 10 Pohgading.

Usaia menurunkan barang-barang yang akan disalurkannya kepada para pengungsi, Ibu Hasni beserta Bapak Wijanarko dan rombongannya langsung menyapa para pengungsi. Setelah itu, Ibu Hasni menyampaikan tujuan kedatangan rombongannya. Beliau juga memperkanalkan perwakilan Komunitas Tinonghoa yang ikut dalam rombongan itu.

Ibu Hasni juga menyampaikan bahwa mereka berkunjung ke Posko KM. Sukamulia setelah mendapatkan informasi mengenai kondisi warga Dusun Sukamulia Desa Pohgading Timur pasca gempa 7.0 SR yang terjadi pada tanggak 5 Agustus lalu dari Koordinator KM. Pohgading Timur (Badri) sebab sebelumnya Badri telah mengirimkan bebrapa video dan poto 11 rumah warga yang rusak total akibat gempa 7.0 SR tersebut.

Sebelum membuka acara, Ibu Hasni memberikan sedikit motivasi kepada para pengungsi yang selanjutnya beliau bertindak selaku moderator acara serah terima bantuan kemanusian tersebut. Pada kesempatan tersebut, moderator yang didampingi oleh Koordinator KM. Sukamulia dan KM. Pohgading Timur memberikan kesempatan kepada Ketua Komunitas Tionghoa Mataram untuk menyampaikan maksuda dan tujuan kunjungan mereka.

“Kami sudah berkeliling selama 20 hari guna menyalurkan bantuan kemanusiaan kepada korban Gempa Lombok yang ada di seluruh wilayah pulau Lombok. Saya bawakan pengusaha-pengusaha kaya di Kota Mataram, seperti Cakar Mas dan lainnya yang tergabung dalam Komunitas Warga Tionghoa Mataram. Jadi kami tidak membedakan etnis sebab kita semua adalah warga NTB dan becana itu tidak pernah kita inginkan namun ini adalah kehendak yang kuasa dan oleh sebab itu maka kita harus bersabar dan tenag menghadapinya”, papar Hasni.

Kedatangan Komunitas Tionghoa Mataram yang didampingi oleh Pegawai Kominfotik NTB ini bukan hanya bertujuan untuk memberikan bantuan material saja kepada para pengungsi setempat. Namu, kunjungan mereka juga bertujuan untuk memberikan Trauma Healing kepada anak-anak dan seluruh pengungsi yang ada di posko yang ditempati oleh 286 orang warga Dusun Sukamulia tersebut.


Dalam kesempatan itu, perwakilan Komunitas Tionghoa Mataram yang akrab disapat Bapak Lim menyampaikan bahwa Warga Cina juga sangat perduli terhadap korban Bencana Gempa Lombok. Atas keperdulian itulah sehingga mereka berkeliling untuk menyalurkan bantuan kemanusia kepada korban gempa di Lombok Utara, Lombok Timur dan wilayah Lombok lainnya.

Sesungguhnya, kami juga takut akan terjadintya gempa yang menimpa kita di tanah Lombok ini. Namun atas rasa kemanusiaan maka kami yakin bahwa Tuhan akan melindungi kami yang menyalurkan bantuan kemanusiaan dengan ikhlas kepada korban gempa Lombok. Oleh sebab itu, marilah kita sama-sama tegar dalam menghadapi cobaan ini. Yakinlah, bahwa Tuhan memberkikan kasihsayang-Nya kepada kita semua”, tegas laki-laki bertubuh kekar itu.

“Kami memberikan bantuan ini dengan penuh keikhlasan dan perlu diketahui bahwa bantuan ini berasal dari Komunitas Tionghoa di dari berbagai wilayah Indonesia, seperti dari Perhimpunan Indonesia Tionghoa, Women Comuniuty dan Rekan di Surabaya, Perkumpulan Warga Guang Zhao Seluruh Indonesai dan Komunitas Tionghoa lain yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Untuk itu, kami sangat berharap bapak, ibu dan saudara-saudara sekalian dapat menerima apa yang kami berikan ini dengan penuh keihlasan”, sambungnya.

Usai menymapaikan maksud dan tujuan mereka, Ibu Hasni mempersilahkan perwakilan dari Pemerintah Desa Pohgading Timur untuk memberikan sambutan atas kunjungan mereka. Dalam hal ini, Abdurrazak bertindak selaku perwakilan Pemerintah Desa Pohgading Timur memberikan sambutan atas nama pemerintah Desa Pohgading Timur.

“Kami sangat bahagia dan sangat berterimakasih atas kunjungan saudara-saudara dari Kominfotik NTB dan Komunitas Tionghoa Mataram. Kami bangga, kedatangan bapak dan ibu memberikan semangat baru bagi kami yang ada di posko pengungsian ini. Dan kami sangat berterimakasih serta menerima bantuan bapak-bapak dengan penuh rasa ikhlas”, sambut Rajak dengan kalimat yang singkat, padat dan jelas.

Usai acara sambutan, Komunitas Tionghoa Mataram yang didampingi oleh Pegawai Kominfotik NTB melakukan serah terima bantuan secara simbolik kepada ketua RT. Dusun Sukamulia, Koordinator KM. Sukamulia dan Koordinator KM. Pohgading Timur secara bergantuian yang dilanjutkan dengan sesi trauma heling yang dipinpin oleh Bapak Wijanarko. Bantuan Kemanusiaan yang disalurkan oleh Komunitas Tionghoa tersebut berupa sembako, air bersih, pakaian, makanan tambahan, Kasur, bantal dan terpal.