Bimbingan Perkawinan Bagi Calon Pengantin


Sumbawa Besar_Bimbingan Perkawinan Calon Pengantin Tingkat Kec. Moyo Hulu, Kecamatan Lenangguar dan Kecamatan Orong Telu Kabupaten Sumbawa yang dipusatkan di kantor Urusan Agama Kecamatan Lenangguar,03/09/2018.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Moyo Hulu, Kepala kantor Urusan Agama Kecamatan Moyo Hulu dan Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Orong Telu Bimbingan perkawinan pra nikah bagi calon pengantin atau sering juga disebut Kursus calon pengantin (Suscatin) merupakan program Kementerian Agama RI yang dibiayai dari PNBP NR. Dasar Pelaksanaan Bimbingan Perkawinan berdasarkan Keputusan Dirjen Bimas Islam No. 373/2017, tentang Petunjuk Teknis Bimbingan Perkawinan Bagi calon Pengantin.

Tujuan Bimbingan Perkawinan pra nikah bagi calon pengantin adalah merupakan ikhtiar pemerintah melihat tingginya tingkat perceraian yang terjadi. Selain itu diharapkan Calon Pengantin (Catin) bisa membangun keluarga yang mempunyai pondasi yang kokoh, karena banyak pasangan Catin yang belum tahu cara mengelola keluarga.

Adapun materi wajib dari Bimbingan Perkawinan ada 8, yaitu, 1. Membangun Landasan Keluarga Sakinah, 2. Merencanakan Perkawinan Yang Kokoh Menuju Keluarga Sakinah, 3. Dinamika Perkawinan, 4. Kebutuhan Keluarga, 5. Kesehatan Keluarga, 6. Membangun Generasi Yang Berkualitas, 7. Ketahanan Keluarga Dalam Menghadapi Tantangan Kekinian dan 8. Mengenali dan Menggunakan Hukum Untuk Melindungi Perkawinan Keluarga.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sumbawa H.Sukri dalam sambutannya, pada acara pembukaan kegiatan Bimbingan Perkawinan Calon pengantin menyampaikan bahwa dalam kehidupan berumah tangga keharmonisan adalah suatu tujuan yang harus dicapai dalam setiap keluarga. dan itu semua akan tercapai kalau semua pasangan berpegang teguh dengan Alquran dan Assunnah.

Para peserta kursus calon pengantin menyimak dengan baik kegiatan ini sehingga apa yang telah diterima didalam pelatihan ini nantinya dapat diterapkan dalam hidup berumah tangga nantinya dan ini menjadi bekal didalam mengarungi rumah tangga.__(joko)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru