Pembukaan Pengajian Kitab Hadist Arba`in Nawawiyah Oleh Pengurus Masjid Rensing Bat

KM-RENSING BAT_Pembukaan pengajian kitab Hadits Arba'in Nawawi karangan Imam Nawawi berlangsung pada Sabtu malam tanggal 20 Oktober 2018 oleh ketua pengurus masjid Nurul Islam Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur yang dalam kesempatan tersebut di wakili Sekretarisnya H. Muhsin, S.Pd.I. Sebelum acara pembukaan di mulai di awali dengan pengajian rutin pembahasan kitab Anwarul Masalik oleh TGH.Abdul Khalik Saleh, S.Pd.I.

Acara pembukaan tersebut juga di hadiri oleh Kepala Desa Rensing Bat Muhammad Hilmi, SE, Semua pengurus Masjid, Ketua Remaja Masjid, Dua orang Tuan Guru yang akan membahas Kitab Hadist Al-Arba'in An-Nawawiyah yakni, TGH. Muhammad Wirajaya, Lc, dan TGH. Abdullah Fatih, Lc, Tokoh agama, Tokoh Masyarakat dan Ratusan Jamaah Masjid.

Pengkajian kitab hadist ini nanti akan diasuh oleh Tiga orang tuan guru secara bergiliran selama Empat bulan, Mereka adalah mahasiswa S2 salah sebuah Universitas terkenal dunia di timur tengah yakni Al-Azhar Mesir. Satu di antara tiga tuan guru yang akan membahas kitab tersebut yang pada kesempatan pembukaan tersebut tidak dapat hadir karena sesuatu dan lain hal adalah Putra Sulung Hj. Siti Rohmi Djalilah Wakil Gubernur NTB TGH. Abdul Basith Asdjazzi, Lc.

Dalam sambutannya H. Muhsin mengatakan, Dibukanya kajian kitab hadits oleh para Tuan guru ini akan memberikan nilai tambah bagi Jamaah Rensing Bat untuk memperdalam pengetahuan ilmu agama dan membuat masjid semakin ramai dengan kegiatan keagamaan dimana sebelumnya juga di masjid ini sudah ada pengajian rutin sekali sebulan yang di asuh oleh TGH.M. Yusuf Makmun pada setiap sore Jum`at dan kajian kitab Piqih Anwarul Masalik yang diasuh oleh TGH. Abdul Khalik Saleh,S.Pd.I yang pelaksanaanya satu kali dalam tiga minggu pada setiap sabtu malam setelah shalat Fardu Magrib sampai masuk waktu Isya`, “ Jelasnya.

Sekretaris Pengurus masjid yang juga Kepala KUA di Kecamatan Sakra Barat ini menambahkan, Masjid yang bagus ini mari kita makmurkan dengan tidak melaksanakan kegiatan wajib saja melainkan dengan memperbanyak mengikuti pengajian-pengajian seperti majlis taklim yang termasuk di dalamnya pengkajian kitab hadist dan kitab-kitab lainnya.

Sementara itu, TGH. Muhammad Wirajaya, Lc dalam sambutannya mengatakan, Pembahasan Kitab Hadist ini nanti kami akan lakukan bersama secara bergiliran selama Empat bulan di masa Libur kami, Pengajian ini sebelumnya kami bertiga sudah menyepakatinya untuk dilaksanakan di masjid ini setiap malam sabtu dan mudah-mudahan bisa khatam seluruhya selama Empat bulan, “Terang Putra bungsu H. M.Yusuf dan Jamilah Gubuk Masjid Rensing Bat ini.

Di sambutan selanjutnya, TGH. Abdullah Fatih, Lc menjelaskan tentang kelebihan Hadist karangan Imam Nawawi tersebut, adalah merupakan kumpulan 40 hadits Nabi Muhammad SAW yang dikumpulkan oleh Imam Nawawi RA. dan merupakan kitab yang tidak asing bagi kita umat Islam, bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Umat Islam mengenalnya dan akrab dengannya, karena banyak dibahas oleh para ulama dan menjadi rujukan dalam menyebarkan ajaran Islam kepada kaum muslimin berkaitan dengan kehidupan dalam ber-Agama, Ibadah, Muamalah dan Syariah, Jelasnya.

Tuan Guru yang berasal dari Sandubaya Selong ini juga menjelaskan asal usul Imam Nawawi, yang mana imam nawawi sendiri memiliki nama lengkap Yahya Bin Syarafuddin Bin Murriy bin Hasan Al-Hizami Al-Haurani An-Nawai Asy-Safi’i. Beliau dikenal sebagai Imam besar, Al-Hafiz, Al-Faqih dan Al-Muhaddits. Imam Nawawi dilahirkan di negeri Nawa salah satu tempat di Suriah pada tahun 631 Hijriah. (a_angzie)

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru