Kegiatan Perayaan Maulid di Rensing Bat

 KM_RENSING BAT_Memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bermakna meneladani jejak langkah sunnah Rasulullah yang telah di wariskannya. Beliau adalah teladan hidup yang menyemai banyak kebaikan dalam rangkaian keindahan hidup. Keteladanan yang akan senantiasa layak diikuti setiap generasi dari semua generasi sekarang maupun yang akan datang. Perjalanan sejarah hidup beliau melalui berbagai fase yang penuh kemandirian dan perjuangan. Semua perjalanannya juga dihiasi dengan keluhuran sikap dan ketinggian budi pekerti.

Setiap datang bulan Rabiul Awal, Umat Islam menyelenggarakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Beliau dilahirkan pada 12 Rabiul Awal tahun Gajah, bertepatan dengan tanggal 21 April 571 M. Yakni, 12 Rabiul Awal sendiri dalam sejarah hidup Nabi Muhammad SAW mempunyai arti penting, sebab selain dilahirkan pada tanggal ini, beliau hijrah dari Makkah Al-Mukarromah ke Madinah Al-Munawwarah dan wafat pada tanggal yang sama.
Umat Islam biasa merayakannya dengan istilah ”Peringatan Maulid Nabi SAW” atau Muludan. Sejumlah pra acara peringatan biasanya digelar dengan melibatkan jumlah massa yang besar, Seperti peringatan yang akan di gelar oleh masyarakat Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat ini yang di awali dengan berbagai macam kegiatan sebelum acara puncak tiba.

Peringatan Maulid Nabi besar Muhammad SAW jamaah Masjid Jami` Nurul Islam Desa Rensing Bat Kecamatan Sakra Barat Kabupaten Lombok Timur akan di gelar pada hari Senin, tanggal 26 November 2018 bertepatan dengan tanggal 18 Rabiul Awal 1440 H.. Namun sebelum hari di mana hari peringatan itu berlangsung, Tiga organisasi pemuda yaitu, Karang Taruna Garda Bhakti Desa Rensing Bat Aliansi Mahasiswa Pemuda Rensing Bat (AMPAR) dan Remaja Masjid Jami’ Nurul Islam Desa Rensing Bat menggelar berbagai kegiatan pra acara sebelum peringatan tersebut berlangsung.

Kegiatan-kegiatan tersebut di antaranya adalah,

  1. Malam Jumat, 22 Nopember 2018 pukul 18.30 wita selesai Shalat Magrib, Pembacaan Maulid Albarzanji yang dilaksanakan oleh Remaja masjid, pemuda, Mahasiswa dan Pelajar  yang bertempat di Masjid Jami` Nurul Islam Desa Rensing Bat
  2. Hari Jumat sampai dengan Ahad, 23-25 Nopember 2018 sore dan malam, pelaksanaan kegiatan Lomba yang di antaranya adalah, Lomba Tahfidz Alqur’an 1 Juz  untuk pelajar, Lomba tahfiz Asmaul Husna tingkat SD, Lomba Azan tingkat TK/SD, Lomba Mewarnai Tingkat TK/RA/PAUD dan Tarik Tambang tingkat umum
  3. Jalan Sehat Islami Sambil Sholawatan  dilaksanakan pada pagi Ahad, 25 Nopember 2018 Pukul 06.00 wita dengan membeli kupon berhadiah seharga Rp.3,000 di panitia dengan Rute bat masjid sampai Eat sepanjang kurang lebih 2 kilometer. Kegiatan ini di buka untuk umum.
  4. Malam Ahad, 24 Nopember 2018 pukul 18.30 wita selesai shalat Magrib, Khataman Alqur’an 30 Juz yang bertempat di Masjid Jami` Nurul Islam Rensing Bat bersama jamaah dan Pemuda.
  5.  Malam Senin, 25 Nopember 2018 pukul 20.00 wita, Pembacaan Salakar Barzanji bersama Kelompok Selakar Barzanji “Hubbussalawat” Desa Rensing Bat
  6. Senin, 26 November 2018 pukul 13.30 wita, sebelum pengajian peringatan Maulid di mulai, Ngurisaan Anak Sholeh.

Pengajian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW pada hari Senin, 26 November 2018 tersebut Insyaallah akan di hadiri oleh 6 orang tuan guru yaitu,

  1. TGH. M. Yusuf Ma’mun
  2. TGH. Abdul Kholik Saleh, S.Pd.I
  3. TGH. Abdul Baasith Asdjazzi,Lc
  4. TGH. Khairul Nasirin, Lc
  5. TGH. Abdullah Fatih,Lc
  6. TGH. Muhammad Wirajaya,Lc

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru