Nabi Muhammad SAW Panutan Hingga Akhir Zaman

Inmas MAN 1 Sumbawa_Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa merayakan peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW dengan tema Mari kita Teladani Akhlak Rasulullah Dalam Kehidupan Sehari hari yang dialksanakan di Halaman Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa, Senin 26/11/2018.

Pra acara Maulid Nabi SAW dilaksanakan penilaian pembuatan bunga male’ yang diikuti oleh masing masing kelas X,XI dan XII sebanyak 19 macam male’ dan hasilnya akan diumukan pada saat kegiatan ini. Bunga Male merupakan sebuah tradisi yang datang dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB). Male memiliki arti, yaitu (Seni menggunting hiasan kertas).


Dan biasanya bentuk/corak/motif yang menjadi Male adalah bunga. Sehingga namanya menjadi Bunga Male. dalam bahasa Sumbawa “bunga” adalah “kemang” jadi bisa disimpulkan, masyarakat Sumbawa menamainya Kemang (kembang) Male Cara pembuatannya sangat mudah, bahan Kertas dengan ukuran-ukuran tertentu digunting sesuai dengan motif bunga yang diinginkan. Setelah itu, bentuk kertas warna-warni yang lain menjadi seperti macam bunga mawar dan sebagainya. Kemudian di tempel atau direkatkan di sebuah bambu atau kayu dengan panjang kira-kira 50cm.

Bambu yang dimaksud seperti bambu yang biasanya digunakan pada kerangka layang-layang. Diameternya sekitaran sama dengan yang ada pada layang-layang. Bunga Mawar berada di paling atas pucuk bambu, lalu Malenya mengikuti di samping agak ke bawah bunga Mawar. juga bambu biasanya dihias dengan melilitkan kertas warna-warni atau yang menjadi sisa dari Male

Hadir dalam kegiatan ini Guru ,Tata Usaha ,siswa siswi kelas X,XI dan XII hadir pula pengurus Komite MAN 1 Sumbawa. Acara pembacaan kalam ilahi oleh siswi kelas XII Agama, dan Ceramah yang disampaikan oleh Ustd, Nasrullah , SH Kepala Kelurahan Bugis Sumbawa Kabupaten Sumbawa belia juga sebagai Pengurus Komite MAN 1 Sumbawa.


Ustad NASRULLAH,SH Kepala Kelurahan Bugis Kecamatan Sumbawa juga sebagai Pengurus Komite MAN 1 Sumbawa sedang menyampaikan Ceramah

Sambutan Kepala Madrasah Aliyah Negeri 1 Sumbawa Fathurrahman menyampaikan bahwa sebagai umat Islam kita wajib menjunjung tinggi nilai nilai agama kita, yakni nilai nilai yang adapada kaidah Al Qur’an dan hadits. Kita mencoba menggali nilai nilai agama Islam lebih jauh lagi,khususnya yang berkaitan dengan sejarah lahirnya Nabi Besar Muhammad SAW.

Bahwa kelahiran Nabi Muhammad didunia ini merupakan salah satu petunjuk bagi kita untuk lebih meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, untuk itu tepatlah jika pada pagi hari ini kita mengkaji lebih jauh tentang Muhammad sebagai Nabi Akhir Zaman,yang sekaligus menjadi panutan dalam menjalani kehidupan ini hingga akhir nanti. []

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru